oleh

Siang Ini, Bupati Sumenep Bakal Panen Raya Padi Organik

PortalMadura.Com, Sumenep – Bupati  Sumenep A Busyro Karim dijadwalkan pukul 13.30 WIB akan melakukan panen raya padi organik seluas 1 hektar di demplot pertanian Desa Bunpenang Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (25/3/2014).

Padi yang tidak menggunakan pupuk kimia tersebut secara ekonomis akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang cukup signifikan, karena dalam setiap hektarnya menghasilkan gabah sebanyak 10 ton dengan biaya produksi Rp.12 juta.

iklan hari santri

“Jika dijual dengan harga gabah perkilo 4 ribu rupiah, maka diperoleh angka hasil penjualan 40 juta rupiah. Keuntungan yang didapat sebesar 28 juta rupiah,” Rilis Kabag Humas Pemkab Sumenep, Sufiyanto.

Bila dibandingkan dengan padi yg menggunakan pupuk kimia, memang sangat beda karena setiap hektarnya untuk padi yg menggunakan pupuk kimia hanya mendapatkan gabah sebanyak 6 ton.

Inovasi dan uji coba yg dilakukan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan tersebut dalam rangka untuk merubah mindset petani agar beralih pada padi dengan menggunakan pupuk organik yang biaya produksinya cukup murah dan hasilnya memuaskan.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.