SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep Gelar Pameran Produk Kreatif

Avatar of PortalMadura.Com
SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep Gelar Pameran Produk Kreatif
Pameran Produk Kreatif SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep. (Foto. Ist)

PortalkMadura.Com, – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Mulia Husada Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar , selama 2 hari, Sabtu-Minggu (13-14/10/2018).

Ada 23 stand pameran dengan 43 produk herbal hasil produksi siswa SMK Kesehatan Mulia Husada Kabupaten Sumenep. Pameran berlokasi di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep (sebelah timur taman bunga).

SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep Gelar Pameran Produk Kreatif
Pameran Produk Kreatif . (Foto. Ist)

Kepala SMK Kesehatan Mulia Husada Kabupaten Sumenep, Sahrul Ardiansyah, A.Md.Kep.S.Pd menjelaskan, produk herbal yang dipamerkan merupakan wujud nyata dari kurikulum 2013 (K-13).

“Jadi, ini bagian dari pengembangan kurikulum K13, dimana ada pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan bagi siswa,” terangnya, Sabtu (13/10/2018).

Secara umum, ada 4 jenis yang berhasil diproduksi oleh siswa SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep, yakni obat-obatan herbal, kosmetik herbal, minuman herbal dan makanan herbal.

“Semua bahannya kita ambil dari tanaman berbasis kearifan lokal yang ada di Sumenep,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini kebanyakan orang sudah tidak kenal lagi dengan manfaat tanaman yang ada sekitarnya.

“Misalnya kopi. Kita minum kopi ya seperti umumnya. Namun, hasil produk siswa kami, ada kopi herbal yang rasanya berbeda, karena ada rempah-rempahnya untuk menunjang kesehatan,” jelasnya.

Pameran dengan tajuk “Saatnya yang muda berkarya” diharapkan bisa merubah mindset masyarakat bahwa lulusan SMK itu harus menjadi karyawan, tetapi saatnya untuk mencipta peluang kerja dan mempekerjakan orang.

Selain itu, katanya, para siswa lulusan SMK Kesehatan Mulia Husada seharusnya menjadi pengusaha-pengusaha muda yang sukses dengan latar belakang keilmuan yang sudah dimilikinya.

“Selama ini jarang ada pengusaha dibidang produk kesehatan herbal yang latar belakang ilmunya dari kesehatan. Ini kelebihan siswa SMK Kesehatan Mulia Husada,” ucapnya.

Bahkan, pihaknya yakin, pameran tunggal produk kreatif berbahan herbal baru pertama kali ada di Madura. “Kalau pameran tunggal yang semacam ini, saya yakin ini yang pertama kali di Madura,” katanya.

SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep Gelar Pameran Produk Kreatif
Pameran Produk Kreatif SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep. (Foto. Ist)

SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep yang berdiri 8 tahun lalu, juga sering mewakili Madura diberbagai kesempatan untuk pameran produk kreatif siswa berbahan herbal.

Pada pembukaan Pameran Produk Kreatif SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep tersebut, juga dihadiri Kasi Kelembagaan Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Wilayah Sumenep, H. Bahri Arofah, M.Si.

Pada momentum tersebut juga digelar lomba, antara lain baca puisi bagi siswa SMP dan MTs se-Kabupaten Sumenep.(Joni/Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.