SMPI Nurudhalam Ajarkan Sejarah Melalui Situs Peninggalan Raja-Raja Sumenep

  • Bagikan
SMPI Nurudhalam
Siswa-siwi SMPI Nurudhalam

PortalMadura.Com, Sumenep – Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Nurudhalam, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengajarkan sejarah pada peserta didiknya melalui situs peninggalan raja-raja Sumenep.

Para siswa-siswinya diajak berkunjung ke Asta Tinggi yang menjadi pusat pemakaman para raja Sumenep. Selain itu, ke museum Keraton untuk dikenalkan pada situs dan peninggalan raja-raja Sumenep.

Bahkan, mereka juga membasuh muka di taman sare (pemandian) dilingkungan keraton yang diyakini masih memiliki magis tinggi. Mereka juga menyampaikan doa dengan cara bertahlil bersama dan membaca Alqur’an.

“Memang sangat efektif bila pelajaran sejarah itu langsung ke tempat-tempat situs bersejarah,” kata Kepala Sekolah SMPI Nurudhalam, Syaiful Anwar, pada PortalMadura.Com, Kamis (29/10/2015).

Salah seorang siswi, Munawaroh mengungkapkan, dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan dibuktikan dengan sejumlah peninggalan para raja lebih mudah diingat.

“Saya juga senang dan bangga, karena peninggalan raja-raja Sumenep itu masih ada,” ujarnya.

Menurutnya, dengan mengunjungi situs sejarah dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah Sumenep dan masa perjuangan tempo dulu.(Rahman/har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.