oleh

Soengkono Sidik : “Siapa Saja Anggota PWI Sumenep Yang Sudah Lulus UKW”

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep, Soengkono Sidik terlihat semangat untuk mengetahui siapa saja wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Madura, Jawa Timur yang sudah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Usai acara resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2015 dan HUT PWI ke 69, Soengkono biasa disapa tidak langsung pulang, melainkan melihat sertifikat kelulusan UKW yang dipajang di dinding bagian timur Balai PWI Sumenep. Forpimda lain, yakni Kajari Roh Adi Wibowo, Kapolres AKBP Rendra Radita Dewayana, dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Hadi Soetarto juga ikut bertanya seputar proses UKW.

“Siapa saja anggota PWI yang sudah lulus UKW,” tanya Soengkono pada Ketua PWI Sumenep Ach Rifai sambil memandangi sertifikat yang dipajang di dinding, Senin malam (9/2/2015).

Kapolres Sumenep, AKBP Rendra Radita Dewayana juga menanyakan proses Uji Kompetensi Wartawan (UKW). “Proses UKW itu, seperti apa,” tanya kapolres.

Sementara, Ketua PWI Sumenep, Ach Rifai dengan detil menjelaskan siapa yang boleh ikut UKW dan susahnya untuk lulus dalam uji kompetensi tersebut.

“Yang susah itu pada saat jejaring. Artinya, penguji menunjuk nara sumber dimana wartawan itu bertugas agar menghubungi via telepon. Jika langsung diterima dan sudah dikenal maka tidak ada kesulitan berarti kompeten, tapi jika tidak dikenal oleh nara sumber, maka dipastikan tidak lulus,” terang Rifai.

Materi lain yang diujikan, sambungnya, berkaitan dengan kaidah jurnalistiik serta tugas-tugas kewartawanan dan harus selesai dalam hitungan menit. “Setiap materi, hanya diberi waktu 20 menit. Itu harus selesai, semisal membuat tulisan feature dengan sekian karakter kata,” tambahnya.

Sebagai bukti jika seorang wartawan itu lulus UKW, selain dibekali kartu pers atau surat tugas dari perusahaan media masing-masing, dan kartu PWI juga ada kartu lulus UKW yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.

“Kartu UKW itu berbeda-beda, yakni sesuai dengan tingkatan yang diikuti.  Ada tiga jenjang kompetensi, Muda (tingkatan wartawan/reporter), Madya (tingkatan redaktur) dan Utama untuk level pimpinan redaksi, seperti redaktur pelaksana, wakil pemimpin redaksi, dan pemimpin redaksi,” urainya.

Saat ini, anggota PWI Sumenep sebanyak 20 orang, yakni Harian Surya, beritajatim.com, Harian Bhirawa, LKBN Antara, PortalMadura.Com, RRI, Nada FM, RGS FM, Kabar Madura dan mediamadura.com.

“Tinggal empat orang yang masih menunggu proses UKW berikutnya,” pungkasnya.(Hartono)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE