PortalMadura.com

SpeedUp SmartWatch, Jam Pintar Produksi Indonesia

  • Minggu, 4 Mei 2014 | 07:12
SpeedUp SmartWatch, Jam Pintar Produksi Indonesia

PortalMadura.com- Perkembangan teknologi mendorong munculnya beragam inovasi untuk memudahkan manusia, setelah munculnya beragam inovasi di Ponsel, saat ini masyarakat tengah di manja dengan kehadraian kacamata pintar dan jam pintar. Untuk perkembangan Kacamata pintar, Google hadir dan mendominasi dengan Google Glass-nya.

Sedangkan di pasar jam pintar, sejumlah produsen elektronik dunia berlomba-lomba memproduksinya, sebut saja produsen elektronik asal Korea Selatan Samsung hadir dengan Samsung Gear Fit, lalu raksasa Elektronik jepang hadir dengan Sony Smartwatch, atau Nike dengan Nike FuelBand walau belakangan ini perusaahaan perlengkapan olahraga ini memutuskan menghentikan produksi janga panjangnya.

Diluar produsen besar yang bersaign memproduksi Jam Pintar, ada satu Produsen lokal dari Indonesia yang mencoba peruntungan dengan ikut juga memproduksijam pintar, yakni SpeedUp dengan jam tangan pintar-nya yang diberi nama “SpeedUp Smartwatch”. SpeedUp sendiri adalah produsen sabak digital, ponsel pintar, dan modem. SpeedUp SmartWatch pertama kali diperkenalkan lewat ajang Mobile World Congress, di Barcelona, Februari lalu.

Apa sebenarnya kelebihan SpeedUp SmartWatch dibanding jam pintar besutan produsen elektronik raksaa alainya? Berikut ini ulasan dan spesifikasi SpeedUp SmartWatch.

Spesifikasi dan harga SpeedUp SmartWatch SmartWatch,

Tampilan

Tampilan SpeedUp SmartWatch lebih mirip dengan jam tangan sport atau jam tangan untuk anak-anak. Layarnya pun minimalis, dengan bentuk persegi. Bagian pergelangan atau strap terbuat dari karet yang menyerap keringat, cukup nyaman digunakan untuk waktu lama. Walaupun begitu layarSpeedUp SmartWatch yang berukuran 1,54 inci dengan bobot 42,5 gram tersebut mengusung teknologi antiair sebab telah lolos sertifikasi IP57 .

Prosesor

Prosesor yang digunakan yaitu MIPS 1 gigahertz yang diklaim mampu mereduksi pemakaian daya dan menunjang performa perangkat. Adapun RAM-nya sebesar 512 megabita.

Sayangnyta adala laporan sejumlah pengguna yang mengatakan jika respons-nya kurang cepat, dimana ada jeda antara satu hingga dua detik, saat ingin mengakses fitur lewat sentuhan di layar.

Sistem Operasi

SpeedUp SmartWatch dibekali dengan sistem operasi teranyar Android 4.4, alias KitKat. Meski berbasis Android, namun dapat terkoneksi dengan platform lain, yaitu iOS 7 ke atas, kemampuan inilah yang menjadi andalan SpeedUp SmartWatch, sebaba produk lain seperti Galaxy Gear Fit menggunakan sistem operasi Gear yang berbasis Tizen.

Memori
Kapasitas memori internalnya mampu menampung file seukuran 4 gigabita. Ini cukup leluasa untuk menyimpan file untuk ukuran perangkat siap pakai.

Baterai
Baterai yang digunakan berkekuatan 300 mAh. “Jam ini mampu bertahan hingga dua hari,” ujar Direktur Pemasaran dan Produk SpeedUp, Rahmad Widjaja Sakti. Tempo membuktikan hal tersebut saat mencobanya dalam kondisi standbdy mode. Kekuatan baterainya lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Gear Fit, yaitu 210 mAh.

Konektivitas
Ditunjang oleh Bluetooth, sehingga untuk memindahkan file ke perangkat bergerak hanya dapat dilakukan dengan jarak maksimal 10 meter. Terdapat juga slot USB.

Spesifikasi dan harga SpeedUp SmartWatch SmartWatchFitur
Notifikasi tentunya menjadi fitur unggulan di perangkat ini. Lewat fitur tersebut, Anda bisa mengetahui panggilan telepon dan pesan yang masuk, antara lain BlackBerry Messenger (BBM), dan WhatsApp. Selain pesan instan, notifikasi juga menandai adanya pesan di media sosial, contohnya Facebook dan Twitter.

Seperti fitur yang ada di jam pintar lainnya, SpeedUp SmartWatch memungkinkan Anda untuk mengukur aktivitas fisik. Perangkat dilengkapi dengan fitur kesehatan untuk mengetahui jumlah langkah, kalori yang terbuang, dan berapa jarak yang ditempuh ketika berjalan atau berlari.

Daya tarik lainnya adalah pilihan tampilan penunjuk jam. Ada 14 tema yang dapat dipilih sesuai selera, baik tampilan digital maupun analog. Secara keseluruhan, pengoperasian fiturnya terbilang mudah, cocok untuk pengguna perangkat siap pakai pemula. Namun sayangnya, tampilan antarmuka (user interface) kurang memiliki keistimewaan.

Harga SpeedUp SmartWatch
SpeedUp saat ini menjual SpeedUp SmartWatch seharga Rp 1,499 juta, jika dibandingkan dengan harga jam pintar produksi produsen lai, harga tersebut cukup terjangkau seperti Galaxy Gear Fit yang dibanderol sekitar Rp 2 juta.

Kesimpulan

Setelah melihat spesifikasi dan membandingkan dengan produk sejenis, bisa dikatakan SpeedUp SmartWatch tidak kalah bagus., seperti Pengoperasian mudah, Baterai tahan lama, Kaya fitur, Harga terjangkau. namun disisi lain ada beberapa detail yang menjadi kekurangannya seperti Tampilan Penampilan seperti jam tangan konvensional, Respons agak lambat, Tampilan antarmuka (user interface) tidak istimewa. (Deny)

Simak berita tekno lainnya di sini.

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional