Tak Berkategori  

Studi: Dibanding Daging, Ternyata Makanan Ini Lebih Mengenyangkan

Avatar of PortalMadura.Com
Studi: Dibanding Daging, Ternyata Makanan Ini Lebih Mengenyangkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang ketika diberi pilihan atau kacang, pasti mereka akan memilih untuk mengonsumsi daging agar perut lebih terasa kenyang. Namun, ternyata sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Food dan Nutrition menunjukkan, bahwa protein kacang lebih mengenyangkan.

Kacang tersebut adalah . Kacang jenis ini merupakan jenis makanan berserat yang dapat mencegah rasa lapar dibandingkan dengan daging.

Dalam penelitian itu sebanyak 43 orang laki-laki muda mengonsumsi tiga makanan berbeda, yakni mengandung buncis, kacang polong ataupun daging.

“Makanan kaya protein berbasis kacang-kacangan mengandung serat lebih banyak daripada daging babi dan sapi, ini yang mungkin berkontribusi pada peningkatan perasaan kenyang”, menurut kepala peneliti dari University of Department Copenhagen's Department of Nutrition, Exercise and Sports, Profesor Anne Raben.

Selain itu, saat partisipan mengonsumsi buncis dan kacang polong, sama saja mereka menerima asupan 12 kalori lebih rendah di waktu makan berikutnya.

Menariknya lagi, buncis dan kacang polong terasa jauh lebih enak dan memuaskan dibandingkan daging.

“Orang dapat makan-makanan kaya serat, dengan sedikit protein, dan mencapai sensasi kenyang. Kendati demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan bukti definitif khususnya yang berbasis pada buncis dan kacang polong, karena keduanya dapat berperan untuk menurunkan berat badan,” ungkap Raben. (antaranews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.