oleh

Studi : Ini 4 Manfaat Melamun yang Tak Disangka-sangka

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, hampir semua orang pernah melamun. Ada berbagai macam hal yang bisa dilamunkan, mulai dari hal-hal sederhana dalam aktivitas sehari-hari sampai dengan membayangkan angan-angan yang bukan-bukan.

Melamun ini bisa karena pikiran yang sedang kosong atau berharap akan sesuatu. Dari ekspektasi itu, terkadang membuat seseorang merasa senang, sedih, takut dan berbagai emosi lainnya.

Bisa dikatakan, setidaknya dalam sehari ada 96 persen orang yang melamun, mereka melihat dunia sebagai apa yang mereka fantasikan. Namun, hal ini hanyalah pelarian semata dari kenyataan atau mimpi tentang kehidupan.

Sekilas, memang aktivitas ini tampak sia-sia dan membuang waktu saja. Tapi tahukah Anda, ternyata, para ahli telah mengungkapkan bahwa melamun punya pengaruh baik terhadap kehidupan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (14/11/2019) dari laman Liputan6.com, yang dikutip dari Brightside, ini lah empat manfaat melamun yang baik bagi kehidupan:

Membuat Lebih Pintar dan Kreatif

Banyak orang bilang, untuk menjadi pintar, seseorang perlu belajar dengan tekun. Tapi siapa sangka, jika hanya dengan melakukan aktivitas lain seperti melamun juga bisa berpengaruh pada intelektual dan daya kreatif seseorang.

Baca Juga : Menurut Penelitian: Ternyata Melamun Bermanfaat Bagi Otak

Menurut sebuah penelitian, orang yang melamun lebih sering melakukan hal-hal lebih baik dengan tugas intelektual dan kreatif. Juga, MRI membantu untuk mengetahui bahwa fungsi otak mereka lebih efisien.

Membantu Menyelesaikan Masalah Lebih Baik

Di satu sisi melamun memang terkesan berhayal yang tidak jelas, sedangkan di sisi lain aktivitas ini mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Studi ini mengklaim bahwa selama melamun, aktivitas otak meningkat. Ini juga berlaku untuk area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah sulit.

Dengan kata lain, otak Anda secara tidak sadar dapat beralih untuk menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika Anda sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

Membuat Rencana Lebih Baik

Orang-orang melamun lebih banyak berpikir tentang masa depan, daripada masa lalu atau masa kini. Ini membantu mereka menetapkan tujuan dan mencari cara untuk mencapainya.

Biasanya, mereka berpikir tentang bagaimana merencanakan masa depan yang lebih baik lagi dan bersiap-siap untuk segala kebutuhan itu. Dan ini tidak hanya berlaku untuk paket hari ini.

Membuat Lebih Bahagia

Ketika Anda melamun tentang orang-orang yang dekat dengan kalian dan dengan siapa kalian memiliki hubungan yang kuat, hal ini secara positif memengaruhi kalian.

Fantasi ini tanpa disadari mampu meningkatkan keadaan emosi Anda, membuat Anda lebih bahagia, dan memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang yang dipikirkan ini.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE