Tak Berkategori  

Studi: Ini 4 Virus yang Bisa Sembuhkan Manusia dari Penyakit

Avatar of PortalMadura.com
Studi Ini 4 Virus yang Bisa Sembuhkan Manusia dari Penyakit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya orang menganggap bahwa merupakan suatu hal yang menyeramkan dan membahayakan tubuh manusia. Tapi dalam dunia medis dan teknologi yang semakin maju, sejumlah peneliti selalu mencari tahu untuk menemukan obat bagi yang sulit disembuhkan.

Ternyata, virus yang dianggap membahayakan itu digunakan oleh peneliti untuk menyembuhkan penyakit manusia. Bagaimana bisa?. Nah, untuk lebih jelasnya berikut 4 virus yang disebut dapat sembuhkan penyakit manusia itu:

Bakteriofag
Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri. Mereka ditemukan hampir di mana-mana. Mulai dari tanah, air, hingga tubuh manusia (kebanyakan di usus dan lendi).

Awalnya, bakteriofag ditemukan pada tahun 1915 oleh Frederick Twort. Bakteriofag ini lalu dikembangkan dan dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Seperti cystic fibrosis hingga kanker.

Virus Stomatitis Vesikular
Vesticular Stomatitis Virus (VSV) adalah penyakit menular yang paling dikenal karena menyerang kuda. Biasanya, kuda akan menderita flu akibat virus ini. Namun, peneliti menilai jika virus ini dapat digunakan untuk membasmi virus oncolytic (OV) alias kanker.

Alasan mengapa VSV bisa menjadi obat kanker karena tidak pantogen pada manusia. Banyak yang kaget saat mengetahui virus yang menyebabkan bisul pada mulut kuda ini bisa jadi terobosan pengobatan kanker.

Adenovirus
Adenovirus adalah sekelompok virus yang cukup umum bagi para medis. Mereka sangat menular, biasanya menyebabkan gejala seperti bronkitis, radang paru-paru, infeksi perut, pilek,dan bahkan meningitis.

Namun para peneliti juga telah belajar bahwa satu jenis virus tertentu, tipe 52 (HAdV-52) di Adenovirus dapat menyembuhkan kanker. Dalam penelitian yang terus dilakukan peneliti percaya jika hal ini dapat mempersenjatai mereka dalam melawan kanker.

Gamma-herpesviruses
Gamma-herpesviruses secara teknis adalah subfamili dari herpes yang mencakup sejumlah virus yang berbeda. Sebenarnya ada banyak jenis virus herpes, dengan contoh yang paling terkenal, seperti herpes simpleks tipe 2 yang menyebabkan luka pada kelamin.

Ternyata, infeksi laten dengan satu jenis gammaherpesvirus (Tipe MHV-68) telah terbukti meningkatkan resistensi terhadap infeksi Listeria monocytogenes-bakteri yang paling dikenal untuk keracunan makanan. Siapa sangka bahwa virus herpes akan membantu memerangi keracunan makanan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.