oleh

Studi : Ini Manfaat Dengarkan Musik Sedih Saat Sedang Patah Hati

PortalMadura.Com – Saat seseorang dilanda depresi atau patah hati pasti mereka akan sedih, hingga menangis. Biasanya, sebagian orang mengekspresikannya dengan mendengarkan musik dan lagu-lagu melankolis atau sendu ketika mengalami hal ini. Benarkah musik sedih benar-benar membantu mengatasi permasalah seperti ini?.

Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal “Scientific Reports“, menemukan, bahwa menangis ketika mendengarkan lagu sedih menghasilkan perasaan senang bagi pendengarnya.

Penelitian ini mengumpulkan responden yang mengisi survei terkait reaksi mereka kepada musik. Pertanyaan survei tersebut, yaitu “ketika mendengarkan musik, seberapa sering Anda merinding, dan merasa seperti menangis?”.

Peneliti meminta setiap orang mendengarkan enam lagu untuk menilai respons emosional, termasuk tiga lagu pilihan mereka sendiri. Selain itu, peneliti juga meminta peserta agar menggeserkan mouse ke sekitar layar untuk memberikan sinyal tingkat kesenangan yang mereka rasakan.

Loading...

Setelah lagu demi lagu didengar, peserta dinilai seberapa intens mereka merasakan respons emosional dari tangga nada lagu tersebut. Sepanjang sesi, para peneliti juga memantau detak jantung para peserta dan mengamati tanda-tanda fisik lain yang muncul.

Hasilnya, terdapat tumpang tindih antara merasa merinding dan seperti ingin menangis ketika mendengarkan lagu sedih. Mereka menarik napas dalam-dalam dan terjadi kesenangan dari mendengarkan lagu sedih itu.

Para peneliti mencatat bahwa lagu-lagu yang menyebabkan merinding atau reaksi air mata digambarkan berbeda oleh peserta.

Tidak luput juga, peneliti menuliskan sebuah lagu yang membuat merinding diinduksi dan dianggap sebagai kesenangan dan kesedihan. Sedangkan lagu yang membuat reaksi seperti menangis atau mengeluarkan air mata dianggap sebagai sedih serta lebih tenang.

Sehingga, hasil ini menunjukkan bahwa air mata melibatkan kesenangan dari kesedihan. Bahkan, mereka bisa menunjukkan ketenangan secara psikologis. (detik.com/Salimah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar