Suara Audio Dalam Kabin Mobil Hilang atau Sember? Ini 5 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Suara Audio Dalam Kabin Mobil Hilang atau Sember? Ini 5 Penyebabnya
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com – Salah satu peranti penting ketika berkendara menggunakan mobil yaitu audio. Suara dari audio bisa memberikan kegembiraan, ketenangan, kebahagiaan dan lain sebagainya saat dalam perjalanan. Oleh karena itu, suara audio jangan sampai hilang atau sember.

Ternyata, ada beberapa penyebab suara audio dalam kabin mobil hilang atau sember. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Auto2000, berikut ini penjelasannya:

Salah Pilih Perangkat Audio

Beberapa orang juga memilih untuk menambahkan sarana hiburan mobil ini dengan memasang produk aftermarket. Namun, setiap mobil punya spesifikasi standar pabrik yang harus sesuai dan terkadang tidak sama dengan buatan aftermarket.

Tidak cocoknya spesifikasi biasa juga terjadi pada kelistrikan, lebih tepatnya pada kemampuan daya listrik mobil. Pastikan saat upgrade audio tidak memaksakan spesifikasi mobil standar bawaan pabrik.

Salah Pasang

Penyebab pertama suara mati atau tidak keluar suaranya adalah kesalahan pada proses pemasangannya. Terkadang masalah ini tidak muncul sesaat setelah dipasang, tapi di kemudian hari.

Kesalahan pemasangan ini biasanya berasal dari komponen yang aus karena tidak terpasang tepat. Jika kesalahannya terkait kelistrikkan, bisa saja masalah ini merambat ke bagian kelistrikan mobil lainnya.

Masalah Kelistrikan Mobil

Penyebab lain audio mobil tidak keluar suara tidak selamanya berpusat di perangkat tersebut. Sumber utama energi listrik yang sudah rusak bisa saja menjadi akar permasalahannya yang menyebabkan ketidakstabilan arus lstrik. Hal ini menimbulkan risiko kerusakan pada komponen audio Anda.

Perangkat Audio Berdebu

Debu adalah musuh besar segala sistem mekanis dan kelistrikan. Ketika debu mulai menumpuk banyak fungsi-fungsi terhambat dan tak bekerja dengan baik.

Apalagi perlu Anda ketahui bahwa sistem audio itu memiliki penutup yang rapat. Kalau debu sudah masuk, maka susah keluar dengan sendirinya tanpa ada usaha pembersihan lebih serius. Jadi sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan setiap komponen audio. Dimulai dari head unit, kabel, speaker, dan power unit.

Audio Masih Hidup saat Mematikan Mesin

Ada satu perilaku yang salah dan harus dijauhi sejak sekarang, yaitu mematikan mesin mobil dengan kondisi sistem audio masih menyala. Kemudian ketika mobil dinyalakan kembali, sistem audio langsung menyala mendadak. Hal ini akhirnya menimbulkan aliran listrik yang besar.

Kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari ini akhirnya membuat beberapa komponen di dalam sistem audio cepat aus. Ujungngnya, audio mobil tidak keluar suara.

Mengapa bisa begitu? Tentu saja karena tiap komponen tersebut menerima arus listrik yang hebat dan menghentak secara tiba-tiba. Bahkan kalau perilaku ini tetap dilakukan, maka ada komponen yang berisiko jebol atau hangus.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.