PortalMadura.com

Sub Terminal Bangkal Bakal Disulap Jadi Tempat Relokasi Eks PKL Taman Adipura

  • Senin, 17 Oktober 2016 | 14:01
Sub Terminal Bangkal Bakal Disulap Jadi Tempat Relokasi Eks PKL Taman Adipura
dok. Syaiful Bahri

PortalMadura.Com, Sumenep – Sub Terminal Bangkal dan pasar sepeda pancal di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal disulap menjadi tempat relokasi eks pedagang kaki lima (PKL) Taman Adipura yang saat ini masih menempati jalan raya KH Agus Salim, depan Lapangan Kerapan Sapi.

“Sub Terminal dan pasar sepeda pancal di Bangkal akan dibangun menjadi tempat relokasi para PKL yang direlokasi dari Taman Adipura,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Syaiful Bahri, Senin (17/10/2016).

Ia menyatakan, saat ini sudah proses tender pelaksanaan pembangunan tempat penjualan bagi eks PKL tersebut dan dipastikan pada akhir tahun ini para PKL sudah bisa menempati.

“Kalau tidak ada halangan, tanggal 18 Oktober sudah bisa dilakukan penandatanganan kontrak dan berikutnya pemenang tender bisa memulai pekerjaannya. Selama 70 hari kedepan pekerjaan proyek itu sudah selesai, karena bahan yang digunakan merupakan bahan pabrikan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama,” urainya.

Hari Jadi Sumenep

Untuk pembangunan tersebut, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rpp4,2 M pada tahun 2016 ini. Dana tersebut disiapkan untuk bangunan penjualan makanan, konfeksi dan sepeda pancal, termasuk musala, serta MCK.

“Anggaran ini untuk pembangunan fisik, tapi tidak secara keseluruhan dan panggung hiburan untuk sementara akan menggunakan panggung yang bukan permanen, karena masih akan dibangun tahun depan,” jelasnya.

Jumlah pemilik konfeksi dan aksesoris eks PKL Taman Adipura itu sebanyak 80 orang. Fasilitas yang akan dibangun di sub terminal Bangkal itu diharapkan bisa menampung semua eks PKL tersebut.

“Sedangkan pedagang sepeda pancal tercatat 52 orang, mereka nanti akan dipindah ke pasar hewan bangkal, sementara pasar hewan Bangkal akan direlokasi ke Bluto,” tukasnya. (arifin/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional