Subhanallah, Inilah 3 Keutamaan Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Inilah 3 Keutamaan Puasa Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Alquran diturunkan.

Pada bulan ini Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. pada bulan Ramadan sangatlah dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, karena di bulan suci ini banyak sekali keutamaannya.

Berikut tiga puasa di bulan Ramadan:

Surga Ar Royyan Sebagai Reward Tertinggi
Dari Sahl bin Sa'd ra, bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang disebut Ar Royyan. Itulah pintu yang pada hari kiamat dikhususkan bagi orang-orang yang berpuasa,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Allah menyiapkan surga khusus bagi para ahli puasa, yakni surga Ar Royyan. Pintu surga Ar Royyan kelak di hari kiamat hanya dibukakan untuk mereka yang berpuasa dengan penuh keikhlasan pada Allah SWT.

Hal ini adalah reward atau hadiah teragung dari Allah untuk hamba-hamba-Nya yang berpuasa. Lebih khusus bagi mereka yang mengerjakan puasa di bulan Ramadan dengan penuh keikhlasan.

Dilipat Gandakannya Pahala dari Setiap Amalan
Puasa pada bulan penuh rahmat ini sangat istimewa, karena Allah menjanjikan pahala yang berlipat bagi setiap amal kebaikan yang kita kerjakan di bulan ini. Khususnya amal puasa dan umumnya amal-amal sunah yang dikerjakan bersamanya.

Dalam salah satu hadis, Rasulullah mengabarkan bahwa barang siapa yang mengerjakan amalan sunah, nilainya sama dengan amalan wajib. Sementara itu, barang siapa yang melakukan amalan wajib, nilainya sama dengan melakukan 70 amalan wajib di bulan lain.

“…. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri (kepada Allah SWT) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib di bulan lain. Barang siapa mengerjakan satu perbuatan wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kebaikan di bulan lain ….” (H.R. Al Uqaili, Inu Huzaimah, Al Baihaqi, Al Khaib dan Al Asbahani).

Dosa-Dosa Diampuni
Keutamaan puasa Ramadan selanjutnya adalah berlimpahnya ampunan dari Allah SWT. Ramadan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan. Pada bulan ini, kemurahan Allah berlimpah untuk hamba-hamba-Nya yang beriman.

Allah berkehendak memberikan ampunan-Nya pada mereka yang bersungguh-sungguh mengharap ampunan dari-Nya, yakni orang-orang yang beriman dan mengerjakan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT. Maka, dosa-dosanya di masa lalu pasti diampuni,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Apakah hanya tiga ini saja keutamaan puasa Ramadan?. Tentu saja tidak. Masih banyak keutamaan yang dihadiahkan oleh Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya yang beriman. (abiummi.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.