Sudah 40 TKI Ilegal asal Sampang Tewas di Luar Negeri

Avatar of PortalMadura.com
Anak Usia 5 Tahun Tewas Dilindas MPU
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur sudah tercatat 40 orang meninggal dunia di luar negeri.

Status mereka sebagai . “Sudah ada 40 laporan TKI ilegal meninggal sampai bulan Agustus 2019,” terang Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Agus Sumarso, Rabu (7/8/2019).

Menurut Agus, TKI ilegal pada umumnya menggunakan paspor pelancong. Maka bagi mereka tidak ada proses pemeriksaan kesehatan.

Dari laporan yang diterima pihaknya, TKI ilegal yang meninggal dunia itu mayoritas mempunya riwayat sakit. “Ada juga yang mengalami kecelakaan kerja,” terangnya.

Selama ini, pihaknya mengaku kesulitan membendung ataupun mendata warga Sampang yang berangkat menjadi TKI ilegal, baik ke Malaysia maupun Arab Saudi.

“Kepala desa saja tidak tahu. Kami baru mengetahui jika TKI ilegal dilaporkan meninggal oleh rekan kerjanya dan keluarga duka,” katanya.

TKI yang meninggal dunia tersebut kebanyakan berasal dari wilayah Kecamatan Sokobanah, Ketapang, dan Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang.(*)

Baca Juga :

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.