oleh

Berat Badan Anda Naik saat Haid? Ini Dia Penyebabnya

PortalMadura.Com – Saat sedang haid pernakah Anda mengecek kenaikan berat badan? Anda perlu pahami bahwa kenaikan berat badan ini merupakan gejala paling umum saat haid, jadi Anda jangan panik dengan berat badan yang naik saat haid.

Ada alasan fisik dan biologis yang membuat perempuan rentan mengalami kenaikan berat badan saat haid. Penyebab berat badan naik saat haid bisa disebabkan oleh sejumlah hal.

Ada yang memang disebabkan oleh faktor alami. Ada juga yang mengarah pada kondisi medis. Selengkapnya, langsung saja kita bahas di sini.

Tingginya Kadar Progesteron
Dilansir fimela.com dikutip dari womansday.com, Dr. Octavia Cannon menyebutkan bahwa produksi estrogen dan progesteron sangat tinggi sebelum memasuki masa haid. Tingginya produksi hormon tersebut membuat kita rentan mengalami kenaikan berat badan.

Ujar Cannon “Bila progesteron tinggi sebelum masuk siklus haid, nafsu makan akan meningkat dan membuat kita makan lebih banyak,”

Rendahnya Serotonin
Rendahnya kadar serotonin ini bisa meningkatkan keinginan makan yang manis-manis. “Saat estrogen menurun dan mulai haid, maka kadar serotonin tubuh akan menurun,” ungkap Cannon.

Keinginan mengonsumsi lebih banyak gula atau yang manis-manis ini bila tidak dikendalikan dengan baik bisa memicu kenaikan berat badan.

Water Retention
Air yang berlebihan dalam tubuh atau water retention juga bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan saat haid. Jika kita terlalu banyak mengonsumsi yang asin saat haid, dampaknya bisa membuat kita merasa makin kembung dan berat badan ikut naik.

Dr. Praise Augustus menjelaskan bahwa water retention meningkat selama haid karena progesteron yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah untuk menampung lebih banyak cairan.

Menurunnya Magnesium
Pada hari pertama haid, Cannon mengungkapkan bahwa kadar magnesium alami tubuh menurun. Menurunnya kadar magnesium ini bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi dehidrasi ini pun bisa cukup “menipu”.

Kondisi ini membuat kita merasa lapar padahal sebenarnya kita hanya haus. Jika kita salah mengartikan sinyal ini, kita bisa kebablasan terlalu banyak makan dan membuat berat badan naik.

Masalah Medis
Bila persoalan kenaikan berat badan berlangsung konsisten dan cukup mengkhawatirkan, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pembunuhan Pasangan Selingkuh

Sebab bisa jadi penyebabnya adalah karena masalah medis, seperti premenstrual dysmorphic disorder, polycystic ovary syndrome (PCOS), atau hypothyroidism yang efeknya bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Penyebab kenaikan berat badan saat haid bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Tetap jaga pola makan dan kesehatan dengan lebih baik ya agar siklus haid selalu lancar setiap bulannya.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com

Komentar