oleh

Sudah Tiga Hari, 219 Calon Penumpang Kapal Tertahan di Pelabuhan Kalianget

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 219 calon penumpang kapal yang akan mudik ke Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

“Mereka semuanya akan mudik ke Masalembu,” kata Sekretaris Dinsos Sumenep, Drs. Ach Dzulkarnain, MH, Rabu (29/5/2019).

Calon penumpang yang hendak mudik ke Masalembu itu semuanya berada di area terminal penumpang Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Kalianget. Mereka tidur di area tersebut dengan menggunakan alas tikar.

“Kalau calon penumpang diluar area Pelabuhan kami belum tahu,” dalihnya.

Ratusan calon penumpang kapal tujuan Masalembu itu tertahan sejak tiga hari lalu karena terjadi cuaca buruk di perairan Masalembu. Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget tidak berani mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar khususnya kapal tujuan Masalembu karena ketinggian ombak mencapai 1 hingga 3 meter.

Loading...

Baca Juga : Tiga Kecamatan di Sampang Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

“Dengan ketinggian ombak 3 meter itu sangat membahayakan keselamatan pelayaran. Makanya kapal belum boleh berangkat,” kata Kepala KSOP Kalianget, Supriyanto.

Kapal perintis tujuan Masalembu semestinya berlayar sejak 27 Mei 2019, namun hingga kini belum dipastikan kapan akan berlayar kembali. Sedangkan pelayaran di rute Kalianget-Kangean tetap diberangkatkan karena kondisi cuaca normal.(*)


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar