Sumenep Berpotensi Tsunami, Begini Penjelasan BMKG

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Berpotensi Tsunami, Begini Penjelasan BMKG
dok. Pelabuhan Kalianget, Sumenep (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, termasuk wilayah yang disebut-sebut berpotensi terdampak tsunami. PortalMadura.Com, melansir laman BMKG, Rabu (7/4/2021).

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, hal tersebut diakibatkan oleh aktivitas Sesar Kambing dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust ault).

BMKG pun memilih Pelabuhan Kalianget menjadi lokasi survei untuk memastikan jalur evakuasi yang mudah dicapai dan dilengkapi dengan rambu-rambu evakuasi. Masyarakat sekitar pelabuhan juga dinilai perlu mendapat edukasi agar dapat melakukan evakuasi mandiri.

Hasil simulasi pemodelan tsunami yang dilakukan Tim Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG dengan kekuatan gempa M=7.8 (worst case) di sistem patahan tersebut menunjukkan bahwa wilayah sekitar Pelabuhan Kalianget berpotensi terdampak tsunami dengan ketinggian mencapai 3 meter, dan prakiraan waktu tiba tsunami kurang dari 4 menit.

Baca Juga:  Cegah Parpol Catut Nama, Bawaslu Sumenep Buka Posko Pengaduan

Simulasi itu dipimpin langsung Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati bersama tim gabungan BMKG Jawa Timur, BPBD, Syahbandar, dan Pelindo Kalianget, Sumenep, pada Jumat (2/4/2021).

“Potensi tsunami ini berbahaya bagi masyarakat sekitar, mengingat wilayah Pelabuhan Kalianget adalah wilayah padat penduduk,” ungkap Dwikorita saat di Sumenep.(*)

Penjelasan BMKG Sumenep Berpotensi Tsunami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.