PortalMadura.com

Sumenep Datangkan Kapal Cepat

  • Rabu, 16 Oktober 2013 | 19:14
Sumenep Datangkan Kapal Cepat

SUMENEP (PortalMadura) – Untuk meminimalisir terjadinya penumpang keleleran di pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep akibat cuaca ekstrim yang kerap melanda perairan di ujung timur Pulau Garam Madura. Pihak PT Sumekar Line berencana mendatangkan kapal cepat untuk melayani rute lintasan Pelabuhan Kalianget – Pulau Kangean.

Direktur PT Sumekar, Rasul Djunaidy, mengaku telah menjajagi kerja sama dengan salah satu pengusaha asal Surabaya, yang memiliki kapal cepat berbahan aluminimum, yang bisa memecah ombak hingga tiga meter, Rabu (16/10/13).

“Kapal itu nantinya akan melayani rute Kalianget-Kangean. Kapalnya, masih beroperasi di Batam. Insya Allah pada tahun ini akan ditarik ke Sumenep,” katanya.

Rasul memaparkan, kapal cepat yang akan didatangkan tersebut berbahan dasar aluminium, dan bukan fiber glass, sehingga dipastikan dari sisi keamanan dan kenyamanan lebih terjamin. Karena kapal berbahan fiber glass tidak boleh berlayar di laut lepas.

Baca Juga:  Raskin Tertunda, Pemkab Sumenep : "Informasinya memang belum ada stok beras di Bulog"
Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

“Kapal yang akan kami datangkan beda dengan kapal cepat yang sudah ada sekarang. Kenyamanan dan keamanannya lebih terjamin yang sekarang. Target kami, kapal cepat yang akan didatangkan nanti kecepatannya lebih tinggi dari kapal cepat yang sudah ada. Fasilitasnya pun diharapkan lebih baik.” ujarnya.

Rencana mendatangkan kapal cepat tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak pendapatan PT Sumekar. Sehingga bisa melunasi hutang-hutang perusahaan. “Target kami, tahun 2014, hutang PT Sumekar ini makin berkurang. Makanya kami mencoba beberapa langkah, termasuk kerja sama personal mendatangkan kapal cepat,” terangnya.

Asumsinya, kata dia, dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun kedepan, PT Sumekar bisa memiliki kapal cepat sendiri. Sehingga tidak perlu repot-repot menyewa kapal dari luar.

Baca Juga:  Tingkatkan Cadangan Beras Nasional, Ini Yang Dilakukan TNI-AD Bangkalan

Perlu diketahui, PT Sumekar merupakan salah satu BUMD Sumenep yang menjadi operator kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS). Kapal tersebut melayani lintasan Pelabuhan Kalianget-Pulau Kangean. Kapal berangkat dari Pelabuhan Kalianget pada hari Minggu, Selasa, dan Jumat.(udien/htn)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional