oleh

Sumenep Gelar Lomba Seni Suara Ayam Bekisar Bupati Cup Tahun 2019

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengadakan lomba seni suara Ayam Bekisar Bupati Cup tahun 2019.

Lomba berlangsung Minggu (27/10/2019) di GOR Ahmad Yani Sumenep dan dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH.

Wabup Sumenep, Achmad Fauzi, membuka lomba seni suara ayam bekisar (Foto. Istimewa)

“Ayam bekisar ini asli Sumenep yang memiliki suara khas dan sangat unik. Kami ingin memacu masyarakat untuk menjaga habitat ayam bekisar dari kepunahan,” ujar Achmad Fauzi, saat membuka lomba.

Lomba suara ayam bekisar tersebut diikuti oleh pecinta bekisar dari berbagai daerah di Indonesia. Habitat pertama ayam bekisar ini ada di pulau Kangean, Sumenep dan menjadi identitas Jawa Timur.

Loading...

Pemerintah daerah mendorong dan selalu berusaha agar keberadaan ayam bekisar tidak punah. “Menjadi tugas kita semua untuk melestarikan potensi yang tiada duanya di nusantara ini,” ujarnya.

Ayam bekisar merupakan jenis ayam persilangan antara ayam hutan jantan dengan ayam kampung betina. Masyarakat setempat bahkan sudah menyebar luas di nusantara dengan karakter suara kokok yang memikat dan bulunya indah.

Sementara Ketua Keluarga Penggemar Ayam Bekisar Indonesia (Kemari) Cabang Sumenep, Moh. Farid Wajdi menjelaskan, peserta lomba Seni Suara Ayam Bekisar Bupati Cup tahun 2019 mencapai 207 ayam dari berbagai daerah di Indonsia seperti Jakarta, Bogor, Semarang, Bali dan wilayah Jatim lainnya.

Ada tiga kategori pada lomba tersebut, yakni Utama, Madya dan Pratama. Dan penekanan penilaiannya pada suara depan, suara belakang, irama dan suara bersih-kotor.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar