Sumenep Gelar ‘Santapan Rohani’ Ramadan 1440 H

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Gelar 'Santapan Rohani' Ramadan 1440 H
Santapan Rohani

PortalMadura.Com, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar bulan Ramadan 1440 H di Gedung Korpri Sumenep, Jumat (10/5/2019).

Bertajuk Dengan Ramadan Kita Gelorakan Nuansa Qur'ani Menuju Sumenep Baldatun Tayyibatun Warabbun Ghafur, menghadirkan penceramah Prof. Dr. KH Ali Maschan Moesa, M.Si.

Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan, di bulan Ramadan penuh berkah ini bukan berarti menjadikan aktivitas sehari-hari berkurang. Tetapi ketika melaksanakan puasa, justru harus lebih produktif, bersemangat dan bertenaga.

Menurutnya, bulan Ramadan yang penuh berkah ini, banyak peristiwa penting yang terjadi, seperti turunnya Alquran pertama kali, perang badar, dan pembebasan kota Mekkah sehingga bisa diambil hikmah darinya.

“Peristiwa penting pada bulan Ramadan ini mengilustrasikan bahwa Ramadan tidak hanya menjadi sarana menampakkan jiwa spiritual tapi juga untuk meningkatkan produktivitas raga dan jiwanya. Rasulullah lebih menghargai umatnya yang produktif dari pada yang bermalas-malasan,” katanya.

Ia juga berharap, para pimpinan OPD agar menjadi contoh kegiatan panutan selama bulan Ramadan seperti “Santapan Rohani” dan salat di awal waktu hingga salat tarawih.

Selain itu, ia berpesan agar bulan Ramadan dijadikan sebagai peningkatan kesadaran sosial serta menjadikannya sebagai bulan peringatan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

“Jangan mengaku Islam jika nilai kemanusiaan kita masih rendah. Masih banyak saudara tetangga kita yang membutuhkan belas kemanusiaan kita,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, selain dihadiri pimpinan OPD, ASN, juga organisasi masyarakat, TNI dan Polri. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.