Sumenep Kembangkan Kreativitas Siswa Melalui Lomba Permainan Berbasis Lokal

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Kembangkan Kreativitas Siswa Melalui Lomba Permainan Berbasis Lokal
Bupati Sumenep A Busyro Karim dan istri Nurfitriana menyaksikan permainan Salodur (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

PortalMadura.Com, diselenggarakan Dinas Pendidikan Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/12/2018).

Bertempat di Sar Kampong, Batuan, Sumenep melibatkan siswa tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP).

Jenis lomba khas permainan anak-anak Sumenep itu, antara lain Dako untuk murid TK, Rap-Karapan untuk murid SD, Salodur untuk siswa SD, main Leker untuk murid SMP, Pal-Kapalan untuk murid TK, Bekelan untuk murid SD, dan Tanjek (egrang) untuk murid SMP. Selain itu ada Pencak Silat.

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Achmad Shadik mengungkapkan, tujuan diadakan lomba berbasis lokal adalah memupuk rasa cinta dan mengembangkan budaya lokal Sumenep.

Selain itu, sebagai sarana edukasi atau pembelajaran serta wujud penguatan pendidikan karakter bagi siswa di Kabupaten Sumenep.

“Juga menjadi sarana untuk menunjukkan dan mengembangkan bakat seni yang ada di masyarakat,” katanya.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim yang didampingi istrinya, Nurfitriana menyampaikan apresiasi terhadap acara yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Sumenep.

“Acara seperti ini atau lomba-lomba yang berbasis lokal atau acara apapun yang berhubungan dengan kearifan lokal, harus terus ditingkatkan oleh kita semua, karena budaya-budaya maju tidak pernah lepas dari kearifan lokalnya, seperti Cina, Amerika, Jepang, dan negara maju lainnya,” katanya.

Menurutnya, di era digital yang sudah banyak terdapat individualisme di antara masyarakat, maka acara seperti Lomba Berbasis Lokal harus terus dimaksimalkan, karena lomba seperti permainan anak daerah terdapat nilai-nilai pendidikan tersendiri. Misalnya, permainan Salodur yang terdapat nilai kolektifitas, kebersamaan dan semacamnya.

“Ini nilai-nilainya yang harus coba kita dijelaskan oleh anak-anak kita apapun yang berbasis lokal, maka saya sangat mengapresiasi dan saya sampaikan terima kasih kepada Diknas dan panitia dan semua yang berpartisipasi dalam acara ini,” tandasnya.(Nanik Dwi Jayanti/Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.