Sumenep Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Menteri PPPA

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Menteri PPPA
Kanan, Menteri PPPA Yohana Yembise menyerahkan penghargaan pada Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi (Foto. Diskominfo Sumenep)

PortalMadura.Com, – Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan (APE) 2018.

Penghargaan itu diberikan kepada sembilan kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah daerah kabupaten/kota di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Satu diantara kabupaten yang meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari PPPA tersebut adalah Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim.

Sejak tahun 2004, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA)melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender.

Sebagai wujud apresiasi, PPPA memberikan penghargaan dengan tiga kategori, yaitu Utama, Madya dan Pratama.

Penghargaan untuk Kabupaten Sumenep diterima langsung oleh Wakil Bupati, Achmad Fauzi, pada Rabu, 19 Desember 2018.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Penghargaan ini merupakan kali pertama diraih Sumenep pada katagori tingkat utama,” terang Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Pihaknya menegaskan, pemerintah daerah bukan semata ingin mendapatkan sebuah penghargaan, tetapi selama ini memang telah melaksanakan kesetaraan gender di semua sektor.

“Kaum perempuan itu memiliki peran sangat penting dan strategis dalam setiap lini pembangunan. Dengan melibatkan perempuan maka dapat mempercepat pembangunan disemua sektor,” tandasnya.

Fauzi berharap, kedepannya peran serta semua pihak terus ditingkatkan sehingga Sumenep semakin maju dan menempatkan perempuan di semua sektor tanpa harus menghilangkan kodratnya sebagai ibu dari anak-anak.(Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.