Sumenep Siapkan 1.000 Hektar Cetak Sawah Baru

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Siapkan 1.000 Hektar Cetak Sawah Baru
ilustrasi lahan padi

PortalMadura.Com, – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Disperta) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mencanangkan program seluas 1.000 hektar di wilayah kepulauan pada tahun 2015.

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil produksi tani dan mewujudkan wilayah kepulauan sebagai lumbung pangan,” kata Kepala Disperta Sumenep, Bambang Heriyanto, Senin (6/10/2014).

Bambang menjelaskan, untuk tahun 2014, masih fokus pada proses desain dan persiapan tekhnis, sehingga di tahun depan program cetak sawah baru itu sudah mulai digarap.

“Namun, kami belum bisa memastikan dimana lokasinya. Sebab masih perlu dilakukan survey oleh konsultan guna memastikan kelayakan penempatan program tersebut,” ujarnya.

Bambang menegaskan, sawah cetak baru itu akan difokuskan pada lahan yang masih belum terjamah dengan teknologi, kepemilikan lahan yang jelas, dan saluran irigasinya bisa terjamin.

Ditahun  2013, Disperta sukses mencetak sawah baru seluas 300 hektar di Kecamatan Arjasa dan Kangayan Pulau Kangean. Hasilnya, program cetak sawah baru itu dapat mendongkrak Indeks Pertanaman (IP) di Kangean. Dari yang sebelumnya 2 ton per hektar menjadi 4 ton per hektar. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.