Tahukah Anda Kenapa Motor Bisa Berasap Tebal?

Avatar of PortalMadura.Com
Tahukah Anda Kenapa Motor Bisa Berasap Tebal?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kualitas sepeda motor yang bagus tidak hanya terletak pada bodi motor saja, tetapi kondisi mesin juga penting untuk diperhatikan, entah motor berjenis dua-tak ataupun empat-tak.

Beberapa diantara pemilik motor pasti pernah kedapatan kendaraannya mengeluarkan asap. Bagi pemilik motor dua-tak Anda tidak perlu khawatir, hal itu merupakan kondisi yang wajar. Karena asap pada motor dua-tak timbul dari hasil campuran antara oli samping dengan bensin.

Tapi, bagi pemilik sepeda motor empat-tak, Anda perlu waspada. Karena knalpot pada sepeda motor ini didesain tidak mengeluarkan asap pada bagian sistem pembuangan motor. Jadi, kemungkinan besar telah terjadi masalah pada motor Anda.

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (1/2/2017) pada laman viva.co.id, Menurut Fery, penggawa bengkel Sumber Jaya di Bambu Apus, Jakarta Timur, motor empat-tak yang mengeluarkan asap berarti mengalami kerusakan di beberapa komponen. “Itu karena seher dan filter oli yang mengalami penyumbatan. Akibatnya, kinerja oli tidak maksimal,” ungkapnya.

Penyumbatan yang dimaksud, karena filter oli yang berfungsi menjaga pelumas dari kotoran sudah tidak bagus. Jika sudah terjadi penyumbatan di filter, maka tekanan oli ke mesin jadi kurang optimal, pelumasan pada mesin pun kurang maksimal.

Selain itu, penyebab asap muncul dari knalpot bisa dari piston dan ring piston yang melemah atau aus. Kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya kebocoran oli pada sela-sela dinding silinder (blok motor) di saat mesin berputar.

Akibatnya, oli kemudian merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Ini yang akan membuat asap keluar dari knalpot berwarna putih. “Sehingga, oli berkerak dan berasap yang timbul di pembuangan motor,” ujar dia.

Jika Anda mengalami kondisi demikian, maka Anda perlu menempuh langkah korter dan juga penggantian piston. Sebab, apabila dibiarkan, tentu berakibat rusaknya komponen mesin lainnya.

“Paling yang dilakukan korter bagian linernya, setelah itu buka klep dan bongkar head. Kalau masih kurang bagus, ganti piston dan ring pistonnya,” tambahnya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.