oleh

Tahukah Kamu, Mengapa Air Laut Asin, Sementara Air Sungai Tidak?

PortalMadura.Com – Mungkin kamu sering bertanya-tanya, Mengapa air laut itu asin? Sementara air sumur, danau, dan sungai tidak. Sementara, di lihat dari sumber airnya hampir sama. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan air laut asin itu?

Air laut berasal dari air hujan yang turun yang mengalir melalui sungai-sungai dan pada akhirnya bermuara di laut,

setelah itu akan mengalami menguap menjadi awan dan turun kembali menjadi hujan. Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir melalui sungai-sungai membawa garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natrium dan lain-lain.

Garam-garam mineral tersebut didapatkan dari batu-batuan serta kerak bumi yang dilalui sepanjang air mengalir. Saat sampai di laut, garam-garam mineral tersebut tetap tinggal sedangkan H2O menguap menjadi awan. Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Lalu mengapa air sungai atau sumur tidak asin? Pada dasarnya air sungai berasal dari mata air di pegunungan dan juga air hujan yang merupakan air tawar. Ketika air sungai tersebut mengalir dari hulu menuju laut, air sungai juga membawa mineral dan pasir menuju laut.

Mata air dan air hujan secara tetap mengeluarkan air tawar, sehingga tidak ada aliran dari laut yang menuju sungai. Akibatnya air sungai tetap berupa air tawar walaupun bertemu langsung dengan air laut yang asin. (berbagaisumber/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar