oleh

Tahun 2019, Presiden Minta Bawahannya Fokus Pembangunan SDM

PortalMadura.Com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo meminta kementerian/lembaga untuk fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyusun anggaran tahun 2019.

Hal ini disampaikan Joko Widodo dalam rapat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta yang dihadiri oleh seluruh menteri dan kepala lembaga.

“APBN itu hanya memiliki kontribusi kurang lebih sekitar 15 persen dari angka PDB, oleh karena itu alokasi anggaran APBN ini harus betul-betul fokus dan diprioritaskan untuk hal yang strategis, kalau tidak strategis, gak usah,” ujar Joko Widodo pada Senin 9 April 2018, dilansir Anadolu.

Dia mencontohkan pada 204 lalu saat fokus membangun infrastuktur, pemerintah meningkatkan anggaran pembangunan dari sebelumnya Rp 170 triliun menjadi Rp 300 triliun.

“Sehingga dalam 3,5 tahun ini kelihatan sekali betapa masifnya pembangunan di bidang infrakstruktur baik berupa jalan, pelabuhan, jalan tol, jalur kereta api, airport, dan lainnya,” kata dia.

Tambahan anggaran harus fokus dan disiapkan secara matang agar program pembangunan SDM bisa memberikan hasil.

“Saya tidak ingin nanti hanya ada tambahan anggaran tetapi tidak kelihatan masif tidak kelihatan ada perubahan,” tambah Presiden.

Selain itu Presiden juga meminta menghilangkan ego sektoral antar kementerian dan lembaga. Menurut dia koordinasi dan konsolidasi merupakan kunci untuk mencapai target yang diinginkan.

“Hilangkan ego sektoral, apalagi ego kementerian, ego kepala lembaga, kebijakan atau program yang bersifat lintas lembaga/kementerian maupun terkait daerah harus dibicarakan bersama,” pungkas dia.(AA)

Loading...