Tahun Ini Dewan Pamekasan Patok Harga Tembakau Rp30.300 Per Kg

Avatar of PortalMadura.Com
Serapan Tembakau PT Gudang Garam Sumenep
dok. Serapan Tembakau PT Gudang Garam Sumenep

PortalMadura.Com, – DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tahun ini mematok Rp30.300 per- kilogram kepada pabrikan.

Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Hosnan Ahmadi mengatakan, pihaknya telah mendatangi beberapa pabrik tembakau, guna memastikan kebutuhan tembakau tahun ini. Selain itu, patokan harga yang harus diambil oleh pihak pabrik sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan petani.

“Harga tahun lalu Rp29.600 perkilogram. Patokan harga tahun ini Rp30.300 per-kg, jadi ada kenaikan dan kita hanya menyampaikan berdasarkan biaya produksi,” ungkapnya, Kamis (26/3/2015).

Biaya produksi itu, kata Hosnan, meliputi pembelian bibit, sewa lahan, pupuk, obat-obatan, air, tenaga kerja dan proses perajangan. Dengan demikian, jika pabrikan membeli dengan harga dimaksud, dipastikan petani tidak akan merugi.

“Kalau persoalan ekonomi ini, semuanya tergantung pada mekanisme pasar. Kita menyampaikan ini sebagai parameter bahwa petani telah mengeluarkan biaya sebesar itu,” tandas politisi PAN ini.

Oleh sebab itu dia berharap, pabrikan dapat membeli sesuai dengan patokan harga itu, supaya petani tidak mengalami kerugian lagi sebagaimana yang dialami tahun-tahun sebelumnya. (Marzukiy/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.