oleh

Tak Ada Pengamanan Khusus, Cakades Harus Bisa Jaga Diri

PortalMadura.Com, Sumenep – Tidak ada pengamanan khusus bagi para calon kepala desa yang akan mengadu nasib di pilkades serentak tahun 2019.

Para calon harus menjaga keamanannya sendiri tanpa harus bergantung pada tim keamanan dari Polres, karena memang tidak ada ploting personel keamanan untuk calon.

“Tidak ada pengaman khusus bagi para calon kepala desa,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Selasa (5/11/2019).

Jumlah personel keamanan sangat fantastis. Untuk pilkades serentak di wilayah daratan yang akan digelar pada 7 November 2019 sebanyak 2.900 personel dari Polres Sumenep dan BKO jajaran Polres se Jatim.

Sedangkan untuk pengamanan pilkades serentak wilayah kepulauan yang akan digelar 14 November 2019 sebanyak 725 personel.

“Untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman, kami telah menjalin koordinasi dengan sejumlah elemen, termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan yang lain,” ucapnya.

Saat ini seluruh jajaran Polres Sumenep juga melakukan patroli di setiap lokasi yang dianggap rawan terjadi tindak pidana dan di setiap desa yang bakal menggelar pilkades.

Loading...

“Kalau ada masalah sebelum pelaksanaan, maka rayon-rayon Dalmas itu nanti yang bergerak,” tegasnya.

Sedangkan 2.900 personel itu bakal disiagakan mulai tanggal 6 November 2019 atau satu hari sebelum pelaksanaan pesta demokrasi digelar.

Baca Juga : Tak Tahan Lihat Payudara Korban, Pria Sumenep Tega Cabuli Anak Bawah Umur

Untuk diketahui, anggaran pengamanan pilkades sekitar Rp 5 miliar. Anggaran hibah itu diberikan kepada Polres Sumenep, Kodim 0827/Sumenep, termasuk dana tambahan untuk pengamanan.

Tahun ini terdapat 226 desa di kabupaten ujung timur Pulau Madura yang bakal melaksanakan pilkades serentak. Hasil keputusan Bupati, pelaksanaan dibagi dua tahap, 7 November untuk wilayah daratan dan 14 November untuk wilayah kepulauan.


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar