Tak Cuma Mesin, Ini 2 Sistem di Mobil yang Perlu Ganti Oli

Avatar of PortalMadura.com
Tak Cuma Mesin, Ini 2 Sistem di Mobil yang Perlu Ganti Oli
ilustrasi

PortalMadura.Com – Penggantian tidak hanya pada saja, namun ada dua komponen utama yang juga memiliki pelumas, yaitu dan . Sayangnya, kendati punya peran penting, dua komponen ini seringkali terlupakan oleh pemilik mobil.

Padahal, keduanya juga wajib diganti secara berkala agar tidak berhenti atau macet secara tiba-tiba. Sebagaimana menurut mekanik yang praktik di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur, Toha menjelaskan, gardan atau differensial yang terdapat di mobil penggerak roda belakang, berfungsi meneruskan tenaga putar yang dihasilkan mesin menuju roda. Komponen tersebut umumnya terpasang di bagian tengah poros roda belakang.

Sementara transmisi bertugas untuk mentransfer putaran dan tenaga mesin ke roda, sehingga mobil dapat bergerak maju dan mundur. Tanpa transmisi mesin yang berputar tidaklah berarti apa-apa.

“Oli gardan berfungsi mencegah keausan crown wheel gear dan pinion gear yang ada di dalam gardan, dan oli transmisi yang ada pada mobil manual maupun matic, fungsinya untuk memperhalus pergantian gigi dan mencegah agar tidak mudah aus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Toha menambahkan, bahwa penggantian oli gardan sama dengan oli transmisi manual, yakni bisa bertahan sampai setiap 10 ribu kilometer. Untuk oli transmisi mobil matic bisa bertahan sampai 20 ribu kilometer.

Maka dari itu, membiarkan oli yang sudah melewati batas pemakaian terlalu lama, akan menimbulkan masalah di gardan. Di antaranya timbul suara mendengung. Suara itu muncul lantaran komponen yang ada di dalam gardan maupun transmisi mengalami gesekan.

Penyebabnya bisa dari oli yang berkurang, dan oli dengan tingkat viskositas yang sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan. Untuk mencegah kerusakan lebih parah, penting melakukan pengecekan secara berkala. Di antaranya dengan mengganti oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Sehingga gardan dapat bekerja lebih optimal sekaligus menjaga kondisinya lebih awet. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.