PortalMadura.com

Tak Lulus SD, Pria Bangkalan Jadi Penyebar Berita Hoax

  • Minggu, 17 Desember 2017 | 15:26
Tak Lulus SD, Pria Bangkalan Jadi Penyebar Berita Hoax
Penyebar Hoax Diamankan Polres Bangkalan (Foto: Hamid)

PortalMadura.Com, Bangkalan – Seorang penyebar berita hoax di wilayah hukum Bangkalan, Madura, Jawa Timur, akhirnya berhasil diungkap oleh jajaran kepolisian setempat.

Yang bersangkutan adalah Abd Rohman (26), warga Desa Binoh, Kecamatan Burneh, Bangkalan.

Ia yang mempunyai akun facebook Alif Rohman, sebelumnya menyebarkan foto kecelakaan yang diberikan caption kecelakaan terjadi di Bangkalan.

Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha mengatakan, pelaku hanya dimintai klarifikasi tentang motif postingan tersebut.

Untuk kasus ini, pihaknya tidak memberlakukan undang-undang ITE dan hanya memberikan pembinaan terhadap pelaku, mengingat pelaku tidak banyak tahu tentang media sosial.

Pendidikan pelaku juga berhenti di kelas 1 Sekolah Dasar (SD).

“Kami hanya melakukan pembinaan terhadap pelaku, karena yang bersangkutan betul-betul tidak menyadari akibat dari yang diposting itu,” terang dia, Minggu (17/12/2017).

Meski demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memberlakukan undang-undang ITE kepada pelaku lain jika terbukti menggunakan medsos yang bertentangan dengan hukum.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan pengguna medsos agar menghindari menyebar berita hoax dan sejenisnya.

“Ini pembelajaran untuk kita semua, bagi yang menyebarkan informasi hoax dan informasi tidak benar,” ujarnya.

Sebelumnya, atas postingan pelaku tersebut, akunnya menjadi serbuan netizen di kolom komentarnya untuk menghujat atau sekadar menanyakan lokasi di mana tempat peristiwa terjadinya tabrakan tersebut.

Dihadapan petugas dan awak media, Abd Rohman mengakui, bahwa tujuan memosting foto hoax tersebut agar mendapat banyak komentar dan like dari pengguna medsos lain, sehingga dirinya terkenal karena postingannya.

“Saya dapat dari teman fotonya, saya memasang agar banyak dikomentari,” katanya. (Hamid/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional