Tak Perlu Bahan Kimia, Ini 5 Cara Alami Basmi Rayap

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Bahan Kimia, Ini 5 Cara Alami Basmi Rayap
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah di rumah Anda ada rayapnya?. Pasti kehadirannya sangat mengganggu. Karena bisa bikin bahan bangunan yang menggunakan kayu cepat rusak atau roboh.

Biasanya sebagian orang menyingkirkan hewan ini dengan cara disiram bensin atau dibersihkan dengan alat seadanya. Tidak sedikit juga yang kemudian menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkannya secara cepat. Padahal, itu bisa membahayakan keluarga di kemudian hari.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan dari rumah yang tidak membahayakan keluarga. Berikut lima cara alaminya:

Minyak Esensial
Beberapa minyak esensial berfungsi memberantas rayap dengan efektif. Salah satunya adalah minyak cengkeh, sebab minyak tersebut dapat membunuh hingga ke akarnya, sehingga rayap tidak dapat berkembang biak dan mewabah kembali.

Cara penggunaannya cukup mudah, tuangkan kedalam botol semprot. Lalu semprotkan pada bagian dinding kayu atau furnitur yang menjadi sarang rayap.

Minyak Jeruk
Dalam sebuah percobaan laboratorium ditemukan bahwa ekstrak minyak jeruk sangat efektif membunuh rayap, dengan angka kematian mencapai 68 persen hingga 96 persen dalam percobaan.

Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat bahan aktif d-limonene yang merupakan racun ampuh bagi serangga, khususnya rayap. Caranya, buat lubang pada sarang rayap lalu masukkan minyak jeruk lalu diamkan.

Lidah Buaya
Lidah buaya ternyata juga dapat menghilangkan rayap bandel yang bersarang pada furnitur dan bangunan. Caranya, ambil lidah buaya secukupnya, bersihkan, lalu buat jus dengan cara di-blender. Lalu masukkan ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada bagian yang terkena rayap.

Garam
Tanpa disadari ternyata salah satu dari bahan pokok di dapur Anda dapat mengusir rayap dengan ampuh. Campurkan garam dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada area yang terkena rayap.

Atau dapat dengan merendam kapas ke dalam air garam kemudian letakan pada area rayap berada. Cara ini selain mengusir rayap, juga dapat mencegah datangnya rayap.

Cuka
Selain garam, ternyata ada satu lagi bahan dapur yang dapat digunakan yakni cuka. Caranya, luruhkan cuka pada bagian yang terdapat rayap, lakukan hal tersebut secara terus-menerus selama 8 hari. Kemudian rayap yang bersarang pada bangunan atau perabotan Anda akan pergi. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.