Tak Perlu Buka Dus, Begini 3 Cara Cek IMEI Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Buka Dus, Begini 3 Cara Cek IMEI Smartphone
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap ponsel khususnya smartphone pasti dilengkapi dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity). Sesuai namanya, kode tersebut merupakan identitas unik dari perangkat handphone secara internasional.

Perlu diketahui, nomor IMEI diberikan oleh GSMA (Global System for Mobile Communications Association) sebagai lembaga internasional yang mewadahi operator telekomunikasi di seluruh dunia, kepada pabrikan-pabrikan perangkat seluler.

Adapun fungsi IMEI adalah sebagai kode produksi yang membedakan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya sehingga tidak ada satupun perangkat yang memiliki imei yang sama. Kode produksi tersebut juga berguna sebagai indikator untuk mengetahui apakah smartphone yang Anda beli asli atau palsu.

Untuk itu, pengecekan IMEI wajib dilakukan ketika Anda hendak membeli smartphone. Anda harus melakukan pembelian gadget secara offline agar mampu membedakan smartphone asli dan yang palsu.

Selain itu, IMEI merupakan bagian penting dalam setiap smartphone. Namun, tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya keberadaan IMEI ini. Selain digunakan untuk membedakan smartphone asli atau palsu, IMEI juga bermanfaat untuk mengatasi pencuri yang mengambil smartphone Anda.

Caranya dengan melacak keberadaan smartphone menggunakan IMEI. Di samping itu, pihak provider juga dapat membantu pemblokiran sementara pada perangkat yang dicuri. Pencuri tidak akan bisa menggunakan barang curian tersebut dalam jangka waktu panjang. Lokasi atau keberadaan dari pencuri tersebut bisa dilacak melalui kantor provider yang Anda gunakan.

Maka dari itu, sudah jelas bahwa IMEI sangatlah penting sehingga sebisa mungkin Anda harus mencatatnya. Berbekal kode IMEI di tangan, Anda dapat melaporkan kehilangan ke Service Center, agar segera dilakukan pencarian.

Nah, berikut ini tiga cara cek IMEI smartphone agar terhindar dari hal-hal di luar keinginan:

Dial USSD
Cara cek IMEI pertama adalah melalui dial USSD seperti saat Anda ingin memeriksa sisa pulsa maupun kuota. Anda hanya perlu dial nomor *#06# maka nomor seri IMEI perangkat akan segera ditampilkan. Anda bisa menangkap layar atau screen capture nomor IMEI yang tertera, atau bisa juga dengan mencatat nomor tersebut untuk disimpan di tempat yang aman.

Baca Juga: Terbukti Ikut Kampanye, Inspektorat Bangkalan Panggil Tiga ASN

Setting atau Pengaturan Smartphone
Selanjutnya, cara cek IMEI yang kedua adalah melalui setting atau pengaturan di smartphone. Caranya, buka rangkaian menu yang ada di smartphone. Pilih Setting atau Pengaturan jika smartphone dalam bahasa Indonesia. Lalu, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi About Phone atau Tentang Ponsel.

Kemudian, pilih Status lalu IMEI Information untuk mengetahui IMEI smartphone Anda. Jika smartphone Anda didesain dengan dual kartu SIM, maka IMEI Anda juga akan ganda.

Slot Baterai Smartphone
Jika smartphone Anda berupa baterai removable alias bisa dilepas, Anda bisa gunakan cara cek IMEI yang ketiga ini. Caranya dengan non-aktifkan perangkat terlebih dulu. Kemudian buka kover belakang perangkat dan lepas baterai. Nomor seri IMEI akan terlihat pada label slot baterai smartphone Anda.

Sayangnya, cara ini hanya diperuntukkan untuk pemilik smartphone dengan baterai non tanam. Pasalnya, baterai tanam membuat Anda tidak bisa melepas kover belakang smartphone sehingga Anda tidak akan bisa melihat nomor IMEI.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.