Tak Perlu ke Apotek, Yuk Bikin Sendiri Sirop Obat Batuk di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu ke Apotek, Yuk Bikin Sendiri Sirop Obat Batuk di Rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada banyak jenis yang beredar di pasaran sesuai dengan keluhan penyakitnya. Mulai dari berbentuk kapsul atau pil sampai dengan yang cair seperti sirop.

Sebenarnya, bukan hanya saat ini saja ada sirop, tapi sejak dahulu memang sudah ada. Bahkan tidak harus dengan membeli di toko obat atau apotek. Namun membuat racikan sendiri menggunakan bahan-bahan herbal. Anda tidak perlu khawatir dengan khasiatnya, karena dijamin ampuh.

Nah, bagi Anda yang tidak punya waktu keluar untuk membeli obat. Tidak ada salahnya bikin sendiri. Berikut cara bikin sirop obat batuk ala rumahan:

Kayu Putih, Bawang Merah dan Lemon
Jangan bayangkan bagaimana rasa dari ramuan tiga bahan ini. Pasalnya, ramuan tersebut dapat menjadi sirup obat batuk yang sangat ampuh.

Kandungan antiseptik, dekongestan, dan ekspektoran pada kayu putih dapat memberikan kelegaan pada sistem pernafasan. Selain itu, bawang merah berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, dan lemon dapat menghilangkan infeksi.

Untuk menikmatinya, Anda harus merebus bawang merah dan kayu putih dalam air, dan tambahkan perasan lemon sebelum mengonsumsinya. Anda dapat meminumnya tiga sendok makan per hari apabila batuk masih menyerang.

Biji Rami
Meski berukuran kecil, biji rami memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ekstrak biji ini dipercaya dapat meredakan batuk kering. Biji Rami dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihkan saluran pernapasan.

Anda dapat menikmati ekstrak biji rami dengan perasan lemon dan madu. Namun, berbeda dengan ramuan sebelumnya, Anda hanya dianjurkan menikmatinya satu sendok makan per hari. Selain itu, sirop ini tidak dianjurkan bagi anak di bawah 5 tahun.

Campuran Ramuan Herbal
Sirup ini dianjurkan bagi mereka yang memiliki tanaman dan rempah-rempah di rumah. Tanaman dan rempah terdiri dari kamomil, cengkeh, adas hijau, lemon dan madu sebagai pemanis.

Aneka bahan herbal ini dipercaya dapat mengobati batuk kering dan membersihkan saluran pernapasan. Selain meminumnya, Anda dianjurkan untuk menghirup uapnya. Hal ini dilakukan guna membuka jalur pernapasan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.