Tak Perlu Panik, Segera Lakukan Cara Ini Jika Laptop Anda Terkena Air

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Perlu Panik, Segera Lakukan Cara Ini Jika Laptop Anda Terkena Air
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda mengalami musibah Anda tidak sengaja tersiram ? jika yang tersiram adalah keyboard, hal ini tentu berisiko bisa merusak bagian-bagian penting seperti motherboard. Kemungkinan beberapa saat kemudian laptop Anda akan mati.

Biasanya, bila komponen tersebut yang rusak maka Anda harus mengganti dengan yang baru atau membeli laptop baru yang harganya tidak jauh berbeda dengan harga motherboard. Oleh karena itu, sebaiknya Anda benar-benar menjaga laptop Anda agar peristiwa tersebut tidak Anda alami.

Namun jika Anda terlanjur mengalami peristiwa naas itu, sebaiknya Anda menyimak tips khusus yang harus segera dilakukan sesaat setelah laptop Anda terkena air.

Berikut ini caranya:

Lepaskan Kabel Charger
Jika laptop di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Catatan: jika laptop Anda terkena air saat di-charge dan langsung mati, JANGAN sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

Balikkan Laptop
Segera balikkan laptop ke arah bawah. Upaya ini dilakukan agar untuk ‘membuang' air yang terlanjut masuk lewat celah keyboard. Kalau bisa, letakkan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

Bersihkan Bagian yang Basah
Sembari membalikkan laptop Anda, coba kembali tinjau bagian-bagian seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas untuk menarik cairan. Lakukan cara ini dengan upaya untuk menarik cairan dari bagian-bagian yang basah.

Letakkan di Dalam Beras
Sama halnya seperti smartphone yang terkena air, simpan laptop ke dalam beras. Upaya dilakukan mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan laptop dan setidaknya bisa menghisap cairan keluar.

Pergi ke Reparasi
Jika Anda sudah melakukan cara di atas namun laptop tidak kunjung menyala, segera bawa laptop Anda ke layanan reparasi untuk ditindaklanjuti.

Selamat mencoba. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.