Tak Perlu Superfood, Ini 8 Khasiat Kangkung Bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Perlu Superfood, Ini 8 Khasiat Kangkung Bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada berbagai macam bahan makanan yang manfaat atau khasiatnya bagus untuk tubuh, salah satunya untuk . Keunggulan gizi pada beberapa bahan makanan ini bisa menunjang kecantikan seperti kulit dan rambut. Oleh karena itu sejumlah bahan makanan ini dianggap sebagai yang harganya tidak murah.

Padahal, masih ada bahan makanan yang harganya murah dan khasiatnya tidak kalah dari superfood. merupakan bahan makanan yang manfaatnya sama dengan bahan makanan yang masuk pada klasifikasi superfood.

Seperti kebanyakan sayur berdaun hijau lainnya, kangkung yang juga disebut water spinach menjadi sumber air, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, kita juga bisa mendapatkan berbagai khasiat kecantikan dengan mengonsumsi kangkung secara teratur. Berikut ini beberapa di antaranya:

Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Ultra Violet
Kangkung merupakan sayuran yang sangat kaya akan vitamin B. Vitamin B sendiri merupakan kandungan penting yang dapat menjaga kulit dari pengaruh buruk paparan cahaya matahari, terutama sinar Ultra Violet yang dapat menyebabkan kanker kulit, pigmentasi dan penuaan dini.

Memperbaiki Kondisi Kulit
Siapa sangka kulit yang kusam, bermasalah, dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa diatasi dengan konsumsi kangkung?. Kadar folat dan vitamin K yang cukup tinggi pada kangkung mampu memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah.

Kandungan mineral dan vitamin dalam Sayuran ini juga bisa menjadi solusi murah meriah untuk kulit yang kering dan mengelupas. Cukup gunakan kangkung yang sudah dihaluskan sebagai kompres dan minum sarinya selama beberapa hari berturut-turut.

Memberikan Manfaat Anti-Penuaan
Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam kangkung, sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan kulit pada tahap dini akibat faktor eksternal.

Konsumsi kangkung secara rutin juga mampu membantu menunda munculnya kerutan hingga tingkat yang signifikan.

Melancarkan Pencernaan
Pencernaan lancar merupakan kunci dari kulit yang sehat dari dalam. Sementara kangkung juga mengandung serat dalam persentase tinggi. Serat alami ini sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

Selain baik untuk kesehatan kulit, nutrisi kangkung juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit kulit dan mengatasi masalah kesehatan rambut.

Mengobati Penyakit Kulit
Kangkung segar yang dilumatkan sebagai tapal untuk mengobati penyakit kulit seperti kurap dan kutu air. Sayuran ini juga membantu dalam pencegahan kanker kulit dan digunakan dalam pengobatan jerawat, eksim serta psoriasis.

Jika dikonsumsi setiap hari, kangkung bisa membantu kulit untuk memulihkan diri dari gangguan jamur dan masalah kulit lainnya secara lebih cepat.

Menyembuhkan Jerawat
Makanan dengan nutrisi baik merupakan salah satu kunci dari kulit mulus bebas jerawat. Konsumsi jus kangkung setiap hari untuk mengeringkan jerawat yang meradang dan menghambat pertumbuhan jerawat baru. Kombinasikan dengan buah-buahan segar dengan citarasa asam dan manis agar bisa diminum dengan mudah.

Selain itu sari kangkung juga bisa dimanfaatkan sebagai masker jerawat yang cukup ampuh. Masker ini akan membantu menyingkirkan kotoran, peradangan, dan minyak dari kulit Anda.

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut
Semua tahu, nutrisi yang tepat merupakan syarat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Dengan konsumsi kangkung secara teratur, rambut akan lebih kuat dan lembap. Sementara kulit kepala tidak mudah berketombe.

Mencegah Kerontokan Rambut dari Dalam
Masalah kerontokan rambut sering disebabkan karena kurangnya asupan zat besi. Mineral ini dapat meningkatkan kesuburan rambut dengan memungkinkan sel-sel darah untuk membawa oksigen ke folikel rambut.

Kangkung kaya akan zat besi dan folat. Zat besi akan membantu transportasi oksigen ke kulit kepala, sementara folat membantu pembentukan sel darah merah.

Itulah beberapa khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari konsumsi kangkung secara teratur. Sehat dan cantik itu sebenarnya tidak selalu mahal. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.