Tak Sekadar Pajangan, Ini Fungsi Utama Sirip Hiu di Atap Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Tak Sekadar Pajangan, Ini Fungsi Utama Sirip Hiu di Atap Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ini sistem hiburan di dalam mobil tidak hanya sebatas radio, musik atau DVD. Tapi, fitur ini sudah mulai disempurnakan dengan bermacam fasilitas.

Salah satu yang saat ini banyak beredar yaitu operation system yang dilengkapi dengan pemancar sinyal baik. Komponen ini dikenal dengan sebutan (). Tidak sedikit beberapa mobil keluaran sekarang yang mempunyai sirip hiu ini di atap mobil.

Sebagian dari Anda mungkin berpikiran jika komponen ini hanya pemanis dan membuat mobil menjadi lebih ganteng saja. Padahal, ada fungsi utama yang mungkin tidak orang ketahui. Apa itu fungsinya?. Berikut penjelasannya:

Dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari pressroomtoyotaastra.com, dengan berkembangnya teknologi di industri otomotif, kebutuhan akan kualitas suara, gambar, serta ketepatan posisi Global Positioning System (GPS) pada head unit semakin meningkat.

Oleh karena itu, dibutuhkan penangkapan sinyal yang berkualitas, seperti yang bisa dilakukan shark fin antenna atau yang biasa disebut antena sirip hiu.

Bentuknya memang hampir menyerupai salah satu bagian dari binatang laut ini. Namun shark fin antenna merupakan salah satu refleksi fitur perkembangan teknologi yang menjadi semakin menarik serta fungsional untuk digunakan pengendara.

Baca Juga : Guys, Ini 4 Aksesoris yang Tak Boleh Digunakan Pada Mobil Anda

Tahukah Anda, shark fin antenna dilengkapi dengan modul dasar berukuran 16 mm, yang dirancang sesuai dengan tingkat kelengkungan atap kendaraan. Secara global, Toyota menghadirkan shark fin pada 2012 pada Toyota Auris.

Modul pada shark fin dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menyalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan Personal Communication Service (PCS).

Tingkatkan Estetika

Fungsi dari komponen ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara saja, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Shark fin antenna juga dapat meningkatkan nilai estetika pada bagian eksterior kendaraan.

Melalui desain aerodinamis tersebut, shark fin antenna mampu meningkatkan kesan sporty pada kendaraan sedan seperti yang terdapat pada Toyota Corolla Altis dan Vios.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.