Tak Terawat, Pemandian “Potre Koneng” Dipercaya Menyembuhkan Penyakit Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Terawat, Pemandian "Potre Koneng" Dipercaya Menyembuhkan Penyakit Kulit
Jubenger

PortalMadura.Com, – Pemandian “Potre Koneng” yang di kenal dengan “Sumber Jubenger” terletak di Desa Jubenger, Kelurahan Banyuanyar, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Namun sayang, kondisinya kurang terawat. Disebut Jubenger, karena di sekitar lokasi ada dua sumber air besar yang berbau tidak sedap dan aroma belerang. Tetapi, salah satu sumber air yang pernah di jadikan pemandian umum sudah ditutup.

Saat ini, tinggal satu sumber air yang di jadikan pemandian khusus pengobatan penyakit kulit dan pernah di bangun oleh pemerintah daerah setempat. Tetapi, bangunan pemandian Jubenger yang terletak di depan SPBU dekat Kodim 0828 itu sudah retak.

Keampuhan Sumber Jubenger tidak hanya di rasakan warga Sampang. Namun warga dari berbagai daerah datang ke pemandian tersebut dengan cara “Merendam” beberapa saat.

“Pada umumnya, warga yang datang untuk mandi yakni pagi hari saat kondisi air terlihat seperti mendidih mengeluarkan asap,” kata Jumali (45), warga Kampung Jubenger, Kota Sampang.

Sementara, Kadisbudparpora Sampang, Juwardi mengungkapkan, pemerintah daerah sudah pernah survei dan rencana dibangun. Namun, pemilik lahan tidak bersedia.

“Lahannya milik warga. Sehingga kami terkendala untuk membangun pemandian itu,” tandasnya.(dedet/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.