PortalMadura.com

Tanaman Tebu Kurang Diminati Petani Madura

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 21:52
Tanaman Tebu Kurang Diminati Petani Madura

PortalMadura.Com, Pamekasan – Tanaman tebu di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur kurang diminati oleh petani. Terbukti, luas lahan yang semula mencapai 300 hektar di tahun 2014, saat hanya tinggal 100 hektare pada tahun 2017.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Pekebunan Kabupaten Pamekasan, Isye Windarti mengatakan, berkurangnya lahan tanam tebu disebabkan lokasi lahan tidak strategis dan sulit diakses oleh kendaraan roda empat.

Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

“Kalau musim panen, para petani tebu harus mengeluarkan ongkos lebih, karena mobil tidak langsung ke lokasi lahan tanam. Ini salah satu penyebab minat petani menurun,” ujar Isye, Kamis (5/10/2017).

Dijelaskan, faktor lain yang mengakibatkan pengurangan lahan tanaman tebu, yakni petani masih menganggap tanaman tebu belum memberikan hasil yang cukup.

Baca Juga:  43 Tahun Berdiri, DPC PPP Pamekasan Baru Miliki Kantor Permanen

“Itulah yang menyebabkan petani lebih memilih menanam tembakau . Selain hasilnya sesuai harapan, para petani bisa bercocok tanam kembali dengan tanaman jenis jagung, atau padi. Kalau tebu kan harus menunggu setahun,” pungkasnya.(Hasibuddin/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional