Tanamkan Jiwa Patriot, Ini Yang Diajarkan Bagi Siswa di Bangkalan

Avatar of PortalMadura.Com
Tanamkan Jiwa Patriot, Ini Yang Diajarkan Bagi Siswa di Bangkalan
Ist. TNI Bangkalan

PortalMadura,Com, Bangkalan – Siswa SDN Pacentan, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mendapat materi pelajaran wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris.

Materi tersebut disampaikan Babinsa Koramil 0829/06 Tanah Merah, Kodim 0829/Bangkalan Serda Sunarto, dalam proses KBM.

“Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya,” terang Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/06 Tanah Merah Bangkalan, Kapten Inf Muhadi, Bangkalan, Sabtu (9/1/2016).

Menurutnya, siswa SD sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerahnya sehingga menjadi lebih maju.

“Ini juga sebagai upaya menanamkan rasa patriot sejak usia dini,” tegasnya.

Bangsa Indonesia, sambungnya, adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut harus tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SDN Pacentan menyampaikan bahwa dengan adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah pedalaman terutama untuk pelatihan disiplin para siswa.

“Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI,” ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar dikelas, prajurit TNI juga melaksanakan pelatihan PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa dan ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.