PortalMadura.com

Tanpa Disadari, Ini 4 Bahaya Pakai Earphone

  • Sabtu, 17 Maret 2018 | 15:00
Tanpa Disadari, Ini 4 Bahaya Pakai Earphone
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang menggunakan earphone untuk mendengarkan audio atau teleponan dengan seseorang. Selain itu, alat ini juga dimanfaatkan ketika speaker komputer atau televisi sedang tidak berfungsi.

Bahkan, ada sebagian orang yang tidak bisa lepas dengan penggunaan earphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal tanpa disadari, earphone memiliki dampak negatif yang jarang orang ketahui. Apa saja?.

Salah satu efek samping utama mendengarkan musik keras adalah gangguan pendengaran. Menurut direktur Audiologi Diagnostik, Dr. Brian Fligor, di Rumah Sakit Anak Boston, orang-orang yang mendengarkan musik dengan volume melebihi 90 desibel, dapat menderita kehilangan pendengaran sementara.

Suara dalam rentang ini pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pendengaran permanen, terutama pada remaja yang seringkali memakai earphone dalam jangka waktu lama.

Rentang Desibel
Desibel adalah pengukuran kenyaringan. Jika mendengarkan musik dengan volume yang terkendali, maka tidak perlu khawatir. Namun, jika mendengarkan musik dengan volume tertinggi mungkin harus dipertimbangkan kembali, karena biasanya akan mendapatkan peringatan dari handphone atau komputer yang digunakan.

Jika mendengarkan musik menggunakan earphone pada 85 desibel, maka akan mendapatkan gangguan pendengaran permanen. Pada 88 desibel, bisa mendapatkan hasil yang sama hanya dalam waktu empat jam waktu mendengarkan. Bahkan, bisa kehilangan pendengaran hanya dalam 15 menit jika mendengarkan 100-105 desibel.

Infeksi Telinga
Karena earphone dibuat untuk dua telinga, sangat tidak terelakkan jika harus meminjamkannya pada orang lain. Penggunaan earphone terlalu sering dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, dan dengan berbagi atau meminjam earphone dapat menyebabkan transfer bakteri orang lain ke telinga.

Maka pemimpin penelitian, Dr. Chiranjay Mukhopadhyay, menyarankan semua orang untuk tidak berbagi earphone dan membersihkannya terlebih dulu sebelum digunakan.

Kuman Masuk Melalui Telinga
Masalah lainnya yang berbahaya dari penggunaan earphone yang telalu lama adalah kuman. Earphone merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi. Hal Ini disebabkan karena earphone merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang dibersihkan.

Oleh sebab itu, earphone merupakan salah satu sarang dari tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Saat memakai earphone terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteri akan bebas masuk ke dalam tubuh melalui telinga. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.

Telinga Mengalami Kelelahan
Beberapa orang yang merupakan pecinta audio menyebut hal ini dengan istilah ear fatigue. Kelelahan telinga merupakan kondisi di mana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus.

Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal tersebut dapat menyebabkan telinga menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

Maka jangan gunakan earphone yang disisipkan langsung ke saluran telinga, karena meski bisa membuat musik terdengar lebih baik, tetapi akan meningkatkan kemungkinan gangguan pendengaran. Disarankan juga agar beristirahat sekira 5 menit setiap jamnya karena akan membantu telinga pulih dari pemboman oleh gelombang suara.

Demikian beberapa bahaya dari penggunaan earphone. Memakainya secara wajar tidak jadi masalah, tapi apabila berlebihan, apalagi dalam jangka waktu lama tentu akan membahayakan Anda sendiri. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional