oleh

Tanpa Kekerasan, Ini 5 Cara Jitu Terapkan Disiplin pada Anak

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang bersikap disiplin tentu sangat diinginkan oleh setiap orang tua. Hal ini, karena anak dengan sikap ini akan patuh dan senantiasa mematuhi peraturan yang diberlakukan kepadanya. Sayangnya, tidak semua orang tua tahu cara memahami dan menerapkan sikap seperti itu secara tepat bagi anak-anaknya.

Apalagi di era sekarang ini, banyak sekali orang tua yang dalam menanamkan disiplin kepada anak mereka, salah satunya dilakukan dengan tindak kekerasan, seperti memukul, berteriak-teriak, dan sebagainya. Cara seperti ini tidak dianjurkan, karena bisa jadi, bukannya anak jadi lebih disiplin dan patuh, namun justru membentuk perilaku buruk di dalam diri si anak.

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua menerapkan lima cara ini tanpa kekerasan agar bisa membuat anak belajar disiplin secara efektif:

Menegur dengan Halus
Saat menemukan anak melakukan kesalahan berilah teguran dengan halus. Bila masih melakukan kesalahan serupa, beri peringatan berupa sanksi.

Loading...

Misalnya, tidak boleh menonton kartun kesukaannya selama sekian hari sebelum anak dapat berubah. Beri pengertian bahwa sanksi ini semata-mata untuk kebaikan dirinya juga.

Mendengarkan Penjelasan Anak
Dengarkanlah dengan baik-baik penjelasan dari anak mengapa ia sampai melakukan sebuah kesalahan.

Meminta Maaf Apabila Anda Telanjur Marah yang Berlebihan
Jangan gengsi untuk meminta maaf kepada anak. Katakan kepadanya bahwa Anda marah karena sayang. Beri pelukan dan ciuman hingga anak merasa nyaman kembali bersama Anda.

Hal ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan kepada anak bagaimana cara memaafkan dengan sayang dan santun.

Beri Pujian saat Anak Berbuat Baik
Pujian terhadap kebaikan yang dilakukan anak akan menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga dapat memacu anak untuk dapat berbuat kebaikan di hari-hari berikutnya.

Memberi Kepercayaan Dapat Memperbaiki Perilakunya
Selain itu dapat pula mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Anak pun bisa belajar menghargai diri sendiri dan merasa dirinya berharga.(tipspendidikananak.com/Lala)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar