Tekan Angka Pengangguran Bersama Pusat Layanan Karir Unija Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Tekan Angka Pengangguran Bersama Pusat Layanan Karir Unija Sumenep
Dok. Pembukaan Joba Fair Unija Sumenep (Foto. Joni Suhartono)

PortalMadura.Com, – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah memiliki Pusat Layanan Karir (PLK).

Rektor , Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H menjelaskan, Pusat Layanan Karir itu dalam usaha menjembatani para alumni Unija untuk dunia kerja.

Unija Sumenep tidak hanya memikirkan mahasiswa dalam dunia akademik. “Tapi, Unija juga memikirkan lulusannya (alumni) yang ingin bekerja sesuai dengan keahliannya,” terangnya, Jumat (28/12/2018).

Melalui lembaga Pusat Layanan Karir (PLK), para alumni diberi kesempatan atau peluang berinteraksi langsung dan menemukan pilihan untuk tempat kerja.

“Salah satunya dengan digelarnya Job Fair, Education Fair dan Seminar dan Talkshow (20/12),” katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statitik (BPS) Sumenep angka pengangguran tahun 2018 mencapai 11.067 jiwa.

Mengalami penurunan dari tahun sebelumnya 11.554 menjadi 11.067 jiwa atau dengan prosentase turun dari 1.83 menjadi 1.79 persen.

Disampaikan Rektor Unija, dengan digelarnya Job Fair, maka diharakan dapat menekan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Pada saat Job Fair, Unija menghadirkan 29 perusahaan lokal, regional maupun nasional dengan target pengunjung seribu orang,” ujarnya.

Para mahasiswa dan dosen juga hadir. Mereka ikut serta dalam Education Fair dan Seminar dan Talkshow.

“Banyak peluang keluar negeri. Misalnya ingin melanjutkan studinya ke luar negeri, baik bagi mahasiswa maupun dosen melalui jalur beasiswa,” ungkapnya.

Maka pihak Unija Sumenep menghadirkan 4 orang penerima beasiswa luar negeri yaitu, Dodik Pranata Wijaya Dosen Fakultas Hukum Unija, Rafid Mahful Perwakilan PPI Dunia, Ulfah Abqari Wageningen University and Research Belanda dan Novi Indah Permata Sari.

Unija Sumenep yang tahun ini bekerjasama dengan pemerintah kabupaten setempat dalam menggelar Job Fair, sudah berlangsung empat kali (tahunan).

Job fair tahun 2015 diikuti 17 perusahaan, tahun 2016 sebanyak 21 perusahan, tahun 2017 diikuti 27 perusahaan dan tahun 2018 mencapai 29 perusahan.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.