oleh

Tekan Golput, KPU Sumenep Tambah TPS di Ponpes

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menambah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019. Hal itu dilakukan untuk menekan angka Golongan Putih (Golput).

Penambahan TPS itu sebanyak 5 TPS, yakni 4 TPS di Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan dan 1 TPS di Rutan.

Loading...

Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Senin (4/3/2019) menyampaikan, hasil koordinasi dengan Pondok Pesantren lain, pengasuhnya meliburkan santri saat pemungutan suara 17 April 2019. Sehingga para santri yang mempunyai hak pilih bisa menggunakan haknya di masing-masing rumahnya.

“Untuk di sejumlah pondok pesantren lain santrinya diliburkan. Jadi tidak perlu menambah TPS. Para santrinya bisa menggunakan hak suaranya di alamat masing-masing,” ucapnya.

Sesuai data di KPU Sumenep, jumlah DPT Pemilu 2019 sebanyak 872.764, terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Sedangkan jumlah TPS sebanyak 4.315.

Baca Juga : Pasutri Guru SDN Kapedi I Tewas Tabrakan Beruntun di Madura

Saat ini KPU Sumenep telah menyiapkan segala persiapan Pemilu, di antaranya sortasi dan pengecekan surat suara serta perakitan kotak dan bilik suara.

“Penambahan TPS ini untuk mengantisipasi terjadinya calon pemilih tidak menggunakan hak pilihnya pada saat Pemilu,” tukasnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar