oleh

Tekan Kenaikan Harga Sembako, Pemda Sumenep Diminta Awasi Pergerakan Pasar

PortalMadura.Com, Sumenep – Menjelang bulan puasa, di sejumlah daerah terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok. Hal itu perlu diantisipasi oleh pemerintah daerah. Sebab, yang mengetahui pergerakan harga bahan pokok itu adalah pemeritah daerah.

“Untuk itu pemda harus benar-benar mengawasi pergerakan harga kebutuhan bahan pokok, terutama menjelang bulan puasa hingga lebaran,” ungkap Anggota Komisi I, DPR RI, Nur Hayati Ali Asegaf, di Sumenenp, Rabu (24/5/2017).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, menjelang puasa dan lebaran ini sangat berpotensi terjadinya penimbunan bahan pokok sehingga stok dipasaran akan berkurang. Kalau stok berkurang dan permintaan meningkat, otomatis para pedagang akan menaikkan harga.

“Ini juga harus diantisipasi oleh pemerintah daerah. Perlu pengawasan khusus dari pemerintah daerah. Jangan sampai para spekulan memanfaatkan momentum bulan puasa dan lebaran untuk meraup keuntungan besar, sementara rakyat biasa tercekik,” ucapnya.

iklan hari santri

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Syaiful Bahri mengatkan, di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini telah terbentuk Satgas Pangan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat dan dibantu oleh pihak kepolisian.

“Jadi, kalau misalkan ada pihak tertentu yang berupaya melakukan penimbunan atau hal lain yang menyimpang silahkan laporkan saja ke Satgas Pangan. Nanti akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. Dan tentunya, tidak hanya akan menunggu laporan warga, tapi akan terus memantau pergerakan harga kebutuhan pokok selama bulan puasa ini,” tegasnya.

Selain memperketat pengawasan, pemerintah daerah bakal melakukan intervensi dengan bentuk melakukan operasi pasar agar harga kebutuhan pokok tetap stabil.

“Nanti kami juga akan melakukan operasi pasar, baik di wilayah daratan maupun di kepulauan. Ini kami akan lakukan untuk menekan harga kebutuhan pokok,” tukasnya. (Arifin/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.