Telkom Indonesia dan GDM Sukses Gelar Playtest: 12 Game Indie Sambut Antusiasme Besar

Avatar of hartono
Telkom Indonesia dan GDM Sukses Gelar Playtest: 12 Game Indie Sambut Antusiasme Besar
Acara Playtest yang Diadakan oleh Telkom Indonesia dengan GDM (Sumber: Indigo)

PortalMadura.Com – Kolaborasi program Indigo dengan Game Developer Malang sukses mempersembahkan 12 gim dan menarik lebih dari 50 peserta pegiat gim di Malang.

Indonesia melalui program Indigo, bekerja sama dengan Game Developer Malang (GDM), sukses mengadakan acara playtest pada Rabu, 8 Mei 2024 di IndigoSpace Malang. Acara ini menampilkan 12 gim yang masih dalam tahap pengembangan dan dihadiri lebih dari 50 peserta penggiat gim. Tujuan utama playtest ini adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencoba berbagai gim dan memberikan umpan balik kepada para pengembang. Umpan balik tersebut mencakup aspek grafis, pengalaman bermain, dinamika, tingkat kesulitan, dan lainnya. Diharapkan, umpan balik ini dapat membantu para pengembang meningkatkan kualitas gim mereka.

Acara playtest ini menampilkan gim dari berbagai genre, mulai dari horor hingga edukasi. Dari 12 gim yang dipresentasikan, tiga gim berhasil menarik perhatian peserta dan menjadi yang paling banyak dimainkan, yaitu: Nightwatch at The Gallery karya Muhammad Ali Zulfikar, gim horor di mana pemain berperan sebagai penjaga galeri seni dengan to-do-list dan keputusan yang mempengaruhi jalannya gim; Interconnected karya Firza Muhammad, gim multiplayer untuk pemain yang harus bekerja sama membersihkan dan mengangkutnya ke tempat pembuangan sampah; dan terakhir, Mocchi Mitten (@mocchimitten), yang dirancang oleh kelas 5 dan telah meraih penghargaan di Global Game Jam Malang (GGJM) 2024.

Selain tiga gim tersebut, terdapat juga gim-gim menarik lainnya seperti Magic Spell oleh Lets Play Studio, Baro Island oleh Satriver Games Studio, Giggles and Gold oleh Disma Yoga, serta Core Aether oleh MOT Studio yang juga menghadirkan gim horor dengan VR yang semakin nyata. Ada juga Animal Paper RPG oleh Rhaka Rahmaddani, Synestune oleh Wahyu Khoirul Wildan dari Roukie Studio, Declutter oleh Shakira Nazwa Nafisha, dua gim dari studio Klapanome Valz dan Sundriver, serta Dadoo dari Algorocks.

“Senang rasanya acara ini dapat terlaksana dengan baik dan pihak Indigo sangat mengapresiasi partisipasi serta antusiasme peserta selama acara berlangsung. Keberhasilan acara playtest ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mendukung para pengembang gim Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan industri gim di Tanah Air,” jelas Patricia Eugene Gaspersz, Senior Manager Program Indigo.

Sejak 2013, Telkom Indonesia melalui program Indigo telah menjadi pilar penting dalam ekosistem startup digital Indonesia. Dengan komitmennya, program Indigo telah mendukung startup lokal dan telah menginkubasi serta mengakselerasi lebih dari 200 startup di berbagai bidang, termasuk 17 pengembang gim lokal yang dibina melalui program Indigo Game.

“Kami sangat senang acara ini dapat terlaksana dengan baik. Kami dari pihak Game Developer Malang berkomitmen untuk terus mendukung para pengembang di Indonesia dan membantu mereka mencapai potensi penuh mereka. Acara playtest ini hanyalah salah satu contoh dari upaya kami untuk memberikan ruang bagi para pengembang untuk berkreasi dan mendapatkan feedback yang konstruktif,” ujar Adib Toriq, Ketua Komunitas Game Developer Malang.

Acara playtest ini merupakan bukti nyata komitmen Telkom untuk mendukung industri gim di Indonesia. Telkom optimis bahwa dengan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak, industri gim Indonesia dapat terus berkembang dan mencapai kesuksesan global. Melalui program Indigo Game, Telkom akan terus mendukung kemajuan para pengembang gim dalam mewujudkan mimpi mereka.

Tentang Indigo

Indigo adalah inkubator dan akselerator startup digital yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia. Kami membina startup dengan membuat program-program bervariasi mulai dari pendirian, pertumbuhan, hingga membantu mereka melalui proses sinergi untuk menciptakan startup digital terbaik di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.