oleh

Tembakau Jawa Dicurigai Masuk Madura

PortalMadura.Com, Pamekasan – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tidak mengelak adanya informasi tentang masuknya tembakau Jawa ke Madura.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Pamekasan, Mohammad Hasanurrahman mengungkapkan, adanya potensi masuknya tembakau luar Madura memang ada, tetapi selama ini petugas tidak mendapatinya meskipun telah beberapa kali melakukan operasi.

“Kami melakukan operasi sejak bulan Agustus hingga Desember nanti untuk mengantisipasi masuknya tembakau Jawa ke Madura sesuai dengan peraturan daerah (perda), ” katanya, Rabu (19/9/2018).

Dikatakan, dalam perda tersebut juga diatur tentang sanksi bagi masyarakat atau pedagang yang mencampur tembakau Jawa dengan tembakau Madura, karena dapat merusak kualitas daun emas Madura yang berdampak pada harga murah.

“Jangan hanya petugas yang melakukan pengawasan, pedagang juga jangan membeli tembakau Madura yang telah dicampur dengan tembakau Jawa kalau diketahui. Jadi, semuanya harus kompak menjaga kualitas tembakau Madura ini, ” tandasnya.

Dia berharap, semua pihak dapat memperhatikan dan menjaga kualitas tembakau Madura dengan tidak dicampur tembakau luar, sehingga petani tidak merugi. (Marzukiy/Nurul)