oleh

Terima Rekom Bawaslu, KPU Sumenep Sisir Dugaan DPT Ganda Pemilu 2019

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan penyisiran terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 yang diduga ganda.

“Kami saat ini sedang melakukan penyisiran dan pencermatan terhadap DPT yang diduga ganda,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rahbini, Rabu (12/9/2018).

Menurut Rahbini, pencermatan DPT itu dilakukan setelah ada rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten setempat. Sebab, diduga terjadi DPT ganda sebanyak 3.000 data.

Loading...

“Kami menerima rekomendasi dari Bawaslu terkait DPT ganda. Makanya saat ini, kami sedang merealisasikan rekomendasi Bawaslu itu dengan melakukan pencermatan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ucapnya.

Sesuai rekomendasi dari Bawaslu, data ganda itu tersebar di dua kecamatan, yakni Pragaan dan Dungkek. Kendati demikian, pihaknya mengaku belum bisa memastikan berapa jumlah DPT yang ganda karena masih dalam tahap pencocokan.

“Kami belum bisa memastikan berapa jumlah DPT ganda itu karena masih dalam proses pencocokan,” terangnya.

Sekadar untuk diketahui, KPU Sumenep telah merilis DPT Pemilu 2019 yakni 868.171 pemilih. Sementara DPT Pilgub Jatim 2018 berjumlah 854.148 orang. (Arifin/Desy)



Komentar