oleh

Terkena Paparan Sinar UV Berlebihan Bisa Sebabkan 5 Penyakit Mata Ini

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Apalagi jika sering beraktivitas di luar ruangan, yang banyak terpapar sinar utraviolet. Karena ternyata sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi mata.

Oleh karena itu, jangan abaikan menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan dari sinar ultraviolet saat keluar rumah. Karena jika hal itu tidak dilakukan bisa jadi penyakit mata akan menyerang Anda dari yang ringan sampai yang berat.

Nah, ini beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Apa saja? Berikut ulasannya:

Penuaan Mata
Organ mata dan area sekitarnya mudah mengalami penuaan karena seringnya terpapar sinar matahari. Lama-lama penglihatan jadi kabur, juga kulit di bagian mata jadi keriput. Tapi, sejak muda Anda bisa mengatasinya. Caranya dengan sering menggunakan kacamata hitam yang memiliki anti ultraviolet.

Kanker Mata
Jahatnya sinar ultraviolet bisa memicu kanker mata atau retinoblastoma. Bahaya ini rupanya jarang Anda sadari. Gejalanya bisa menyebabkan pupil mata jadi putih, mata malas, hingga jadi sering gatal dan kemerahan.

Loading...

Peradangan Mata
Saat tua nanti, mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari bisa memicu peradangan mata. Kondisi ini dikenal dengan istilah keratitis yang merusak jaringan kornea. Hal ini mengakibatkan penglihatan terganggu, kondisi mata jadi kabur, karena cahaya biasnya masuk ke mana-mana.

Katarak
Karena keseringan terpapar sinar ultraviolet, pada kondisi tertentu lensa mata bisa keruh. Banyak orang mengalami katarak lebih dini akibat hal itu.

Sementara yang perlu Anda tahu, katarak merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang dialami orang usia 60 tahun. Nah, gara-gara paparan sinar ultraviolet, dampaknya bisa menyebabkan katarak muncul di usia lebih muda.

Degenerasi Makula
Saraf mata juga dapat terganggu karena paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang. Penyakitnya disebut degenerasi makula, yang menyebabkan mata kabur atau memicu kebutaan. Makanya Anda harus benar-benar mencegah sejak dini agar tidak rugi. (okezone.com/Desy)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE