Terkuak, Aqua dan Nestle Mengandung ‘Partikel Plastik’

Avatar of PortalMadura.Com
Terkuak, Aqua dan Nestle Mengandung 'Partikel Plastik'
Botol-botol plastik berisi air diteliti oleh para ilmuwan dari State University of New York (Foto. BBC)

PortalMadura.Com – Hasil investigasi terhadap berbagai merk minuman kemasan yang dipimpin oleh organisasi jurnalisme, Orb Media, ditemukan ‘' di dalam botol Danone dan Pure Life.

Terdapat 11 merk minuman kemasan taraf dunia dan lokal yang diuji. Untuk meneliti kandungan plastik di dalam botol air, organisasi tersebut menggandeng State University of New York di Amerika Serikat.

“Kami menemukan (plastik, red) di dalam botol demi botol dan merk demi merk,” kata Sherri Mason, profesor kimia dari State University of New York yang dilibatkan dalam investigasi, kepada BBC.

“Ini bukan soal mencari kesalahan merk tertentu. Ini benar-benar ingin menunjukkan bahwa hal tersebut ada di mana-mana, bahwa plastik menjadi materi yang menyebar di masyarakat kita dan bisa menembus air. Semua produk ini adalah yang kita konsumsi pada level mendasar,” sambungnya, PortalMadura.Com melansir dari BBC, Jumat (16/3/2018).

Saat ini, tiada bukti bahwa mencerna plastik dalam wujud sangat kecil (mikroplastik) dapat menimbulkan penyakit pada tubuh. Namun, memahami potensi dampaknya adalah bidang yang dikaji dalam sains.

“Yang kita tahu adalah beberapa dari partikel ini cukup besar sehingga, ketika dicerna, partikel itu mungkin dikeluarkan dari dalam tubuh. Tapi sepanjang perjalanan di dalam tubuh mereka bisa melepaskan zat kimia yang menyebabkan dampak bagi kesehatan manusia,” papar Prof Mason.

“Sebagian partikel ini luar bias kecil sehingga mereka bisa masuk usus di perut, menyusurinya, dan dibawa ke seluruh tubuh. Kami tidak tahu implikasinya atau apa artinya bagi berbagai organ tubuh kita,” lanjutnya.

Sementara, Nestle menyatakan telah memulai uji mikroplastik secara internal sejak dua tahun lalu dan hasilnya plastik tidak dideteksi “di atas level pendeteksian”.

Seorang juru bicara Nestle, mengatakan, kajian Profesor Mason meluputkan beberapa langkah kunci untuk menghindari “hasil positif yang salah”. Dia juga mengatakan, pihaknya mengundang orb Media untuk membandingkan metode.

Secara terpisah, Danone mengatakan tidak bisa mengomentari kajian tersebut karena “metodologi yang digunakan tidak jelas”. Danone menegaskan botol yang mereka gunakan untuk menampung air masuk kategori “kemasan yang sesuai untuk makanan”.

Perusahaan itu menambahkan bahwa tidak ada aturan pasti mengenai mikroplastik atau konsensus dalam sains untuk mengujinya.

Metode Pengujian

Untuk menguji partikel plastik, ilmuwan dari State University of New York mendatangkan 250 air kemasan dari 11 merek di sembilan negara yang dipilih atas dasar besarnya populasi atau konsumsi air kemasan yang relatif tinggi.

Pengujian kandungan plastik melibatkan bahan pewarna bernama Nile Red yang dimasukkan ke setiap botol-sebuah teknik yang dikembangkan baru-baru ini oleh sejumlah ilmuwan Inggris untuk melacak keberadaan plastik di air laut.

Kajian sebelumnya menemukan bahwa bahan pewarna itu melekat pada partikel plastik dan membuatnya menjadi berpendar di bawah sorotan cahaya tertentu.

Profesor Mason dan kolega-koleganya kemudian menyaring sampel partikel plastik dan menghitung setiap kepingan berukuran di atas 100 mikron-kira-kira setara dengan diameter sehelai rambut manusia.

Beberapa partikel tersebut cukup besar untuk diambil dan dianalisa menggunakan alat inframerah. Hasilnya, partikel-partikel itu teridentifikasi sebagai plastik.

Sebagian besar partikel lainnya yang berukuran di bawah 100 mikron dihitung menggunakan teknik dalam ilmu astronomi.

Jenis partikel-partikel kecil ini tidak dapat dikonfirmasi sebagai plastik, namun Profesor Mason menyebutnya “secara rasional ditengarai sebagai plastik”.

Pasalnya, meski pewarna Nile Red bisa melekat pada bahan selain plastik –seperti kepingan kerang atau alga — namun kemungkinan ini kecil ditemukan di air kemasan.

Setelah melakoni tes, Profesor Mason menemukan hanya 17 dari 259 botol air kemasan yang tidak mengandung partikel plastik.

Adapun jumlah partikel plastik di botol-botol air kemasan cukup beragam.

1. Aqua Danone dari Indonesia, misalnya, memiliki 4.713 partikel plastik per liter.

2. Kemudian, Nestle Pure Life mengandung 10.390 partikel plastik per liter

3. Evian memuat 256 partikel plastik per liter

4. San Pellegrino mempunyai 74 partikel plastik per liter.

Pendapat Ahli

Dr Andrew Mayes dari University of East Anglia dan salah satu pionir teknik Nile Red, mengatakan teknik yang digunakan merupakan “kimia analisis berkualitas sangat tinggi” dan hasilnya “cukup konservatif”.

Michael Walker, konsultan Badan Ahli Kimia Pemerintah Inggris dan pendiri Badan Standar Pangan mengatakan penelitian tersebut “dilakukan dengan baik” dan penggunaan Nile Red menunjukkan “jejak rekam yang sangat baik”.

Keduanya menekankan bahwa partikel di bawah 100 mikron tidak diidentifikasi sebagai plastik. Namun, karena bahan lainnya sangat tipis kemungkinannya untuk berada di dalam botol air kemasan, mereka menyebut itu “kemungkinan plastik”.

11 Merk Yang Diuji

Merk taraf internasional:

Aquafina
Dasani
Evian
Nestle Pure Life
San Pellegrino

Merk taraf nasional meliputi:

Aqua (Indonesia)
Bisleri (India)
Epura (Meksiko)
Gerolsteiner (Jerman)
Minalba (Brasil)
Wahaha (Cina)

sumber: BBC

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.