oleh

Tetap Terjaga, Ini 4 Cara Mudah Atasi Ngantuk Karena Kurang Tidur

PortalMadura.Com – Saat jam tidur kurang biasanya akan membuat seseorang merasa ngantuk dan mudah lelah. Sehingga hal ini bisa berakibat pada pekerjaan atau aktivitas yang dilakuakn sehari-hari. Bagaimana tidak, jika badan sudah tidak mampu melakukannya maka konsentrasi juga akan menurun dan pekerjaanpun menjadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, walaupun kegiatan Anda sangat padat, penting untuk tetap mengatur jam tidur Anda dengan baik. Karena tubuh Anda membutuhkan jam tidur yang maksimal untuk mendetoks tubuh agar tetap segar dan sehat. Namun, jika dalam keadaan terpaksa Anda harus merelakan jam tidur karena alasan penting maka Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda coba untuk berusaha tetap terjaga di tengah serangan kantuk.

Hirup Udara Segar Dalam-dalam
Ketika rasa kantuk melanda, mungkin Anda membutuhkan asupan oksigen lebih banyak. Gunakanlah waktu Anda untuk berjalan-jalan di luar. Menghirup udara segar sambil bergerak bisa membuat metabolisme lebih aktif dan berjalan lebih maksimal lagi.

Basuh Wajah dengan Air Dingin
Saatnya untuk menghapus kantuk dengan air dingin. Segera beranjak dari tempat duduk Anda lalu ambil air untuk mencuci muka. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyegarkan kembali wajah yang mengantuk dan lelah. Lakukan beberapa kali bila perlu sampai sekiranya kantuk Anda lenyap.

Loading...

Minum Air Putih Lebih Banyak
Anda bisa minum lebih banyak air putih untuk membantu menyegarkan diri dari dalam. Cara ini memang sangat alami dan aman dibanding minum kopi. Tapi kalau Anda membutuhkan rasa manis yang membuatmu cerah kembali, tambahkan sedikit gula atau madu agar lebih sehat. Atau minum air putih hangat yang diberi sedikit air perasan jeruk lemon juga bisa.

Pijat Area Telinga atau Kepala untuk Melancarkan Aliran Darah
Coba pijat area kepala atau telinga untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Dengan demikian Anda bisa mengurangi rasa kantuk dan merilekskan otot yang tegang. Selain itu, bergerak aktif juga bisa membantu Anda untuk terjaga dan melawan kantuk. Lakukan peregangan otot, cara ini bisa membuat sistem kardiovaskuler lebih aktif dan tubuh tidak merasa jenuh.

Tapi kalau rasa kantuk yang Anda alami sangat berat dan susah dikendalikan, sebaiknya memang Anda segera ambil waktu istirahat. Daripada tidak fokus dan konsentrasi gagal yang malah akan menyebabkan masalah lain, maka lebih baik istirahatkan tubuh sejenak untuk kembali bugar. Semoga trik di atas bisa membantu Anda. Selamat mencoba. (vemale.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar