Tinggal 5 Hari, Sensus Ekonomi di Sumenep Belum Tuntas

Avatar of PortalMadura.Com
Tinggal 5 Hari, Sensus Ekonomi di Sumenep Belum Tuntas
Suparno

PortalMadura.Com, – Pendataan (SE) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang dilakukan Petugas Pencacah Lapangan (PCL) sejak 01 Mei 2016 hingga kini belum tuntas atau baru mencapai 99,71 persen, padahal waktunya tinggal 5 hari kedepan.

“Dari sisi wilayah capaian sensus ekonimi ini sudah mencapai 99,71 persen, tapi dari sisi muatan jumlah usaha masih belum segitu,” ungkap kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumenep, Suparno, Jumat (27/5/2016).

Menurut Suparno, untuk sisa waktu ini pihaknya meminta pada petugas agar segera menyisir wilayah-wilayah, barang kali ada tempat usaha yang belum terdata utamanya di wilayah Kecamatan Kota.

“Dengan sisa waktu ini kami optimis bisa mencapai 100 persen, baik secara capaian wilayah maupun muatan,” terangnya.

Ditambahkan, Sensus Ekonomi yang dilaksanakan mulai 1-31 Mei 2016, di Sumenep melibatkan 868 petugas lapangan, terdiri dari 642 Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dan 226 Petugas Pemeriksa Lapangan (PML).

Kecamatan Kota Sumenep menjadi percontohan pelaksanaan SE, mengingat sebagian besar kegiatan ekonomi berpusat di wilayah perkotaan.

“Sensus Ekonomi ini mendata seluruh kegiatan ekonomi selain sektor pertanian. Sementara, kegiatan perdagangan, baik di pasar maupun pertokoan terpusat di kecamatan kota. Makanya kecamatan kota menjadi pusat perhatian saat SE,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.